Hal Utama yang Nantinya Akan Dicapai Oleh IOT

243
sumber gambar : https://lumos.id

Secara umum, IoT mendukung semua orang agar memiliki kesadaran yang tinggi terhadap dunia kita dan perkembangannya. Seperti yang disampaikan oleh Brendan O’Brien, IoT memberikan kita banyak gagasan untuk turut berperan serta dalam berbagai segi perkembangan mulai dari hal mikro hingga makro di seluruh dunia. Dengan begitu, ada 3 hal utama yang nantinya akan dapat dicapai.

Pengelolaan Bahaya Dan Bencana Alam Secara Lebih Cerdas

Dengan dukungan IoT, setiap indivdu maupun suatu organisasi bisa mendapatkan akurasi yang lebih baik ketika terjadi potensi bahaya alami. Sebagai contoh, IoT yang terhubung dengan alat deteksi dan alarm di suatu hutan akan dapat memberikan notifikasi dini ketika terjadi potensi kebakaran hutan di suatu kawasan. Dengan pemberitahuan dini, tentu dampak terburuk bisa diminimalisir. Hal ini juga berlaku untuk jenis bahaya dan bencana lain seperti perampokan rumah, tanah longsor, gempa bumi, dan sebagainya.

2. Pengelolaan Perkotaan Secara Lebih Cerdas

Beberapa project IoT diterapkan untuk mempermudah kehidupan masyarakat di berbagai tempat, termasuk masyarakat perkotaan. Dengan sistem IoT yang diterapkan tersebut, pemerintah bisa melakukan otomatisasi manajemen dengan lebih cerdas. Contohnya bisa dilihat pada aplikasi lalu lintas, parkir, sistem pengumpulan sampah, dan sebagainya. Dengan begitu, kehidupan masyarakat perkotaan juga akan menjadi semakin maju.

3. Pengelolaan Penanganan Kesehatan Dan Medis Secara Lebih Cerdas

Pada beberapa contoh yang akan disampaikan pada sub berikutnya akan ada beberapa contoh pengaplikasian IoT di bidang kesehatan. Secara keseluruhan, penambahan fitur IoT ke beberapa perangkat medis bertujuan untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada pasien. Jadi, bahkan sebelum terjadipun dokter bisa mengetahui potensi gangguan kesehatan pada seorang individu dan melakukan upaya pencegahan.

source: https//initialboard.com

SHARE

Tinggalkan Komentar