Ingin Mencoba Naik Kereta Api, Ini Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menaikinya!

502
foto: instagram/@calledasia

Sebuah pertanyaan yang pas banget untuk milenial generasi awal. Masih ingat tidak bagaimana kondisi perkeretaapian Indonesia di masa lalu? Sudah datangnya tidak pernah sesuai jadwal, gerbong penuh sesak, penumpang tiduran di lantai beralaskan koran, dan banyak hal lain yang membuat moda transportasi ini dipandang sebelah mata.

Tapi beruntung perusahaan Kereta Api Indonesia berani berbenah diri. Kesemrawutan yang terjadi di masa lalu dipangkas habis, diganti dengan sistem yang lebih ramah penumpang. Tidak hanya di dalam gerbong, saat beli tiket kereta pun jadi lebih mudah karena bisa dipesan secara online. Dipadu dengan rute yang mencapai pelosok-pelosok Indonesia, membuat banyak pengguna kereta terutama para pelancong tak ragu lagi memilih membeli tiket kereta api online untuk mengawali liburan mereka.

Sudah tertarik naik kereta api untuk liburan? Agar perjalanan perdana dengan kereta api tetap nyaman, berikut adalah catatan-catatan penting yang wajib diketahui.

Beli Tiket Kereta Tidak Harus di Stasiun

Tidak seperti sepuluh, dua puluh tahun lalu, dimana penumpang harus menyemut dan berebut di depan loket stasiun, kini bisa beli tiket kereta api di mana saja. Mulai dari aplikasi perusahaan kereta api resmi hingga mitra-mitra booking tiket kereta api online, seperti Traveloka. Apalagi metode bayarnya juga banyak macam sehingga memudahkan untuk mendapatkan selembar tiket kereta api.

Banyak Pilihan Kelas

Biasanya untuk satu kota tujuan, perusahaan Kereta Api Indonesia menyediakan banyak jenis kereta api. Tak hanya itu, tipe-tipe kelas pun juga sangat banyak sehingga pilihan perjalanan menjadi lebih fleksibel. Kalau pengen hemat budget, pilih tiket kereta api dan kelas termurah. Tinggal cek saja harga tiket kereta api online via situs booking perjalanan. Mau pilih gerbong yang nyaman pun tidak masalah karena tersedia juga kelas-kelas kereta api dengan layanan papan atas.

Ada Aturan Check In dan Boarding Pass

Layanan kereta api jaman sekarang sekelas pesawat terbang, lho. Kalau sudah pegang tiket kereta perjalanannya,  wajib ikut aturan check in dan boarding pass. Peraturan yang diberlakukan sejak tahun 2016 ini dibuat dengan tujuan agar manifest penumpang lebih akurat, serta membuat perjalanan makin tertib dan tertata. Untuk prosesnya, setiap penumpang bertiket wajib lakukan check in satu jam sebelum keberangkatan. Setelah beres, akan dipersilahkan masuk ke peron dan naik ke gerbong kereta api.

Ada Batasan Bagasi

Supaya perjalanan kereta api nyaman buat siapa saja, perusahaan Kereta Api Indonesia membuat kebijakan pembatasan bagasi. Tujuannya supaya barang bawaan penumpang tetap terkendali. Berdasarkan aturan yang berlaku, setiap penumpang boleh membawa barang-barang hingga berat maksimal 20 kilogram dengan volume maksimum 100 dm3 dan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 30 cm. Selain itu, barang bawaan juga tidak boleh diletakkan di samping atau di kolong kursi. Bila terlanjur membawa barang berlebih, bea kelebihan akan dibebankan pada penumpang yang bersangkutan, atau bisa juga dengan membeli tempat duduk ekstra. Tapi bila gerbong sudah penuh dan tidak ada tempat duduk tambahan, risikonya barang tersebut tak boleh dibawa serta ke dalam kabin kereta.

Punya Pramugari dan Polsuska

Untuk menjamin kenyamanan penumpang, perusahaan kereta api juga memiliki jasa pramugari dan polsuska. Para pramugari cantik bakal setia menemani agar perjalanan dengan kereta api terasa menyenangkan. Selain itu ada juga para pemuda tegap yang bertugas sebagai Polsuska, siap mengamankan perjalanan hingga sampai di tujuan.

Hal lain yang wajib diperhatikan bagi yang pertama kali membeli tiket kereta api adalah menggunakan pakaian yang pas dengan perjalanan. Kalau naik kereta api dengan gerbong yang dilengkapi pendingin udara, pastikan sudah membawa baju-baju yang menjaga badan tetap hangat. Sementara untuk yang menggunakan layanan gerbong ekonomi, gaya kasual bakal membuat badan anti-gerah dan nyaman sepanjang perjalanan. Terakhir, meski sudah ada Polisi Khusus Kereta Api bukan berarti  bisa berlengah-lengah ria. Dengan personel yang terbatas dan harus berpatroli sepanjang perjalanan, mereka tidak bisa mengawasi setiap penumpang secara terus menerus . Pastikan untuk selalu waspada terhadap barang bawaan sendiri dan jangan beri kesempatan orang lain untuk melakukan tindak kejahatan.

SHARE

Tinggalkan Komentar