Ini Alasan Kenapa Liburan Bisa Buat Jantung Lebih Sehat

426
Sumber gambar : https://cdns.klimg.com

Tahu tidak kalau liburan juga bisa membuat jantung kamu lebih sehat? selain dari makanan sehat atau olahraga sebagainya yang berhubungan dengan gaya hidup sehat.

Menurut penelitian yang melibatkan 13 ribu orang yang berisiko tinggi terkena serangan jantung diminta untuk liburan setahun sekali. Hasilnya, risiko terkena penyakit jantung turun sampai 29 persen. Keren ya gaes?

Bisa jadi kamu menyadarinya, ketika kamu dilanda stres yang kamu butuhkan saat itu adalah liburan, bukan? Karena memang benar kalau liburan itu bisa mengurangi stres karena digantikan dengan kebahagian yang bisa membuat tubuhmu menjadi lebih rileks.

Ketika tubuh sedang rileks, maka bisa mengurangi hormon kortisol, hormon yang erat dengan dengan emosional dan daya konsentrasi. Jika hormon kortisol semakin menurun, maka stres pun ikut menurun dan kinerja otak pada tubuh akan meningkat.

Penelitian serupa yang dilakukan di National Heart, Lung and Blood Institute di Bethesda, Maryland, juga menemukan bahwa perempuan yang pergi keluar kota, setidaknya dua kali atau lebih dalam setahun, delapan kali lebih kecil terkena sakit jantung ketimbang mereka yang tidak. 

Namun, saat liburan sebaiknya tidak hanya tidur saja di kamar hotel. Kamu tetap perlu jalan-jalan, seperti keliling kota, atau duduk di tepi pantai. Bila keseringan tidur maka bisa membuat tubuh jadi lemas dan tidak memiliki energi untuk melakukan hal lain sepanjang hari.


SHARE

Tinggalkan Komentar