Ini Lho 5 Makanan yang Berfungsi Sebagai Anti Kanker

968

Kanker adalah salah satu penyakit yang menyebabkan kematian dengan jumlah yang tinggi di dunia. Kanker dapat menimpa siapa pun tidak peduli anak-anak, muda, ataupun tua. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko penyakit kanker adalah menerapkan gaya hidup sehat dan mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Berikut adalah makanan yang berfungsi sebagai anti kanker:

 
1. Bawang putih

 

 
Bawang Putih yang dikenal sebagai salah satu bumbu masak di Indonesia ternyata memliki kandungan seperti flavonoid, selenium, arginin, oligosakarida yang mempunyai manfaat untuk kesehatan. Bawang putih yang dikonsumsi setiap hari dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker seperti kanker rahim, payudara, pankreas, kolon, perut.

 
2. Brokoli

 

 
Kandungan yang terdapat dalam brokoli vitamin A, C, kalsium, serat, asam folat, dan dua fitokimia yaitu isothiocyanates dan indoles. Isothiocyanates dan indoles dapat meningkatkan aktivitas enzim di dalam tubuh yang bisa menekan penyakit kanker.

 
3. Kacang-kacangan

 

 
Kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang polong dan masih banyak lagi jenis kacang-kacangan lainnya yang mudah ditemui di Indonesia. Kacang-kacangan biasanya digunakan sebagai bahan untuk mebuat sayuran atau makanan ringan. Kacang-kacangan memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Salah satu kacang-kacangan yang dapat mencegah penyakit kanker adalah kacang hitam. Kacang hitam dapat mengurangi resiko penyakit kanker hati, usus besar, payudara dan prostat.

 
4. Anggur

 

 
Anggur adalah salah satu buah yang dapat berfungsi sebagai anti kanker khususnya anggur merah. Anggur memiliki kandungan seperti polifenol, pterostilen, lupeol, dan asam oleanolic yang memiliki sifat sebagai kemo preventatif.

 
5. Kunyit

 

 
Kunyit adalah salah satu rempah yang sering digunakan dalam membuat makanan di Indonesia. Kunyit tidak hanya berfungsi sebagai pewarna makanan tapi juga memiliki fungsi yang sangat penting untuk kesehatan. Kunyit dapat mengobati peradangan, hati, masalah pencernaan dan juga dapat melawan infeksi dan jenis kanker tertentu.

SHARE

Tinggalkan Komentar