Inilah Beberapa Ide Project Untuk Internet Of Things

391
sumber gambar : https://previews.123rf.com

Ada banyak contoh project Penerapan Internet of Thing yang bisa Anda buat. Berikut ini adalah beberapa contoh ide project dari beberapa kalangan yang mengembangkan Internet of Thing untuk mempermudah aktivitas sehari-hari.

Colokan listrik pintar

sumber gambar : https://www.initialboard.com/

Ide project untuk Internet of Thing yang pertama adalah pembuatan colokan listrik pintar. Colokan listrik yang dimiliki dikoneksikan dengan Wi-Fi dan disambungkan dengan barang-barang elektronik seperti lampu atau oven. Jadi, Anda nantinya bisa menghidupkan maupun mematikan sambungan listrik dengan jangkauan internet pada ponsel yang terkoneksi ke colokan listrik tersebut. Dengan cara seperti ini, ketika berada di luar rumah dan lupa mematikan lampu atau barang elektronik, Anda hanya perlu membuka ponsel dan mematikan koneksi listriknya via jarak jauh.

Smart garage door

sumber gambar: https://www.initialboard.com/

Seperti namanya, project Smart Garage Door merupakan project IoT yang dapat memonitor status pintu garasi sekaligus membukanya dengan fitur scanner sidik jari. Apabila menerapkan project ini, Anda bisa memonitor garasi dimanapun berada melalui ponsel. Untuk akses pembukanya juga akan lebih aman karena harus melalui scan sidik jari yang ada di ponsel Anda. Cara ini akan menginformasikan Anda yang tidak tahu ketika ada akses paksa dari pihak-pihak yang berusaha masuk ke garasi

Kulkas pintar

sumber gambar : https://www.initialboard.com

Salah satu ide project untuk Internet of Thing adalah penerapan kulkas pintar. Biasanya, ketika ingin melihat persediaan makanan atau lainnya di kulkas, kita harus melihat langsung isi dalam kulkas. Namun, dengan inovasi kulkas pintar, Anda bisa melacak persediaan apa yang menipis atau telah habis melalui internet smartphone yang terhubung dengan kulkas tersebut. Jadi, dengan melihat notifikasi, Anda bisa segera berbelanja untuk mensuplai kembali persediaan yang hampir habis.

Smart trash can

sumber gambar : https://www.initialboard.com

Tempat sampah pintar merupakan bentuk inovasi lainnya yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Dengan alat ini, Anda bisa mengoptimalkan pengumpulan sampah dan meminimalisir konsumsi bahan bakar. Sistem pada tempat sampah sendiri akan memberikan notifikasi mengenai jumlah dalam bak tersebut serta suhu bak. Inovasi ini tentu akan sangat berguna untuk mereka yang bekerja mengumpulkan sampah serta semua warga kota secara keseluruhan.

Monitor manajemen kesehatan

sumber gambar : https://www.initialboard.com

Teknologi internet of things juga banyak diimplementasikan dalam bidang kesehatan. Beberapa orang membuat inovasi di bidang kesehatan dengan membuat alat yang dapat memantau kesehatan pasien jarak jauh. Data dari sensor yang terpasang pada pasien nantinya akan ditransfer pada operatornya melalui internet. Dengan begitu, dokter bisa menganalisis kesehatan pasien dan menyarankan praktik klinis ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Mesin penyiram tanaman otomatis

sumbe gambar : https://www.initialboard.com

Inovasi berikutnya yang mungkin bisa menginspirasi Anda adalah mesin penyiram tanaman otomatis. Dengan alat ini, Anda bisa menentukan jadwal penyiraman agar mesin secara otomatis melakukan penyiraman. Alat yang dikembangkan oleh Chris Anderson dan Rui Wang ini bisa dibuat sendiri dengan menghubungkannya ke jaringan Wi-Fi atau menggunakan alat yang telah siap pakai.

Dompet pintar

sumber gambar : https://cdn0-production-images-kly.akamaized.net

Sesuai namanya, project IoT ini akan sangat berguna untuk mereka yang suka lalai menaruh dompetnya. Dengan alat yang terpasang pada dompet dan terhubung melalui internet pada smartphone, Anda bisa segera tahu apabila lupa menaruh dompet.

Smart bike

sumber gambar : https://media.treehugger.com

Contoh idea yang terakhir adalah smart bike yang dilengkapi dengan teknologi IoT sedemikian rupa sehingga dapat memonitor rute yang dilalui. Saat ini, inovasi pada sepeda ini dirintis oleh perasaan asal Kanada. Bagaimana hasilnya? Sepeda yang dilengkapi dengan fitur Wi-Fi & Bluetooth connector serta GPS ini dapat berkomunikasi dengan ponsel untuk membuat pengendaranya nyaman berolahraga sepeda. Selain bisa menyarankan pemilihan rute yang nyaman, kendaraan roda dua ini juga bisa meminimalisir kecelakaan dengan fitur deteksi kendaraan lain.

Dari ulasan mengenai beberapa ide project untuk Internet of Thing di atas, adakah yang telah Anda coba terapkan?

source: https/initialboard.com

SHARE

Tinggalkan Komentar