Inilah Saran Green Computing Dari Segi Aspek Technical Sampai Strategis

264
Sumber gambar : https://umumimi.files.wordpress.com

Agar dapat mengurangi dampak komputer pada lingkungan, para pengguna dapat mengubah kebiasaanya. Inilah beberapa saran Green Computing dari segi aspek technical sampai strategis, yang dapat Anda lakukan untuk membuat komputer kamu ramah lingkungan.

Green Computing on nature

Gunakan komputer yang memenuhi persyaratan energy star,  Jangan meninggalkan komputer dalam keadaan menyala sepanjang malam, Matikan monitor, printer, dan perangkat lainnya ketika tidak digunakan, Gunakan metode tanpa kertas untuk berkomunikasi, Daur ulang kertas, Daur ulang cartridge tinta, Daur ulang komputer dan printer yang sudah tua, Dan lakukan telecommuting (jangan buang-buang bahar bakar).

Green Computing on PC

Laptop hanya memerlukan 10% energi yang digunakan Desktop. Flat screen hanya menggunakan 30% energi yang digunakan oleh Monitor CRT, Menggunakan PC dan printer dengan merk dan jenis sama memudahkan kanibalisme dan proses recycle, Matikan komputer ketika tidak digunakan (malam hari). Mematikan komputer akan mengurangi umur komputer adalah mitos yang salah, Screen saver is not energy saver. Pilih matikan monitor daripada menggunakan screen saver. Terakhir jangan cepat membuang PC, lakukan recycle atau donasi ke pihak lain apabila sudah tidak digunakan.

Green Computing on Laptop

Gunakan power saving setting, Kurangi penggunaan backlight, Atur layar dan harddisk sleep/off setelah beberapa menit tanpa penggunaan, Matikan bluetooth dan wifi ketika tidak digunakan, Lepas kartu MMC, SD, USB Flash apabila tidak digunakan, Kecilkan volume suara dan kontras layar, Minimalisir penggunaan IrDA (infrared) atau serial communication, karena boros energi, Upgrade RAM sebelum ganti laptop dan yang terakhir Jangan cepat membuang Laptop, lakukan recycle atau donasi ke pihak lain apabila sudah tidak digunakan.

Nah, itu dia saran yang bisa di share ke kalian. Sangat bermanfaat bukan? Maka dari itu konsep Green Computing memang penting untuk mengurangi dampak komputer bagi lingkungan, gaes.



SHARE

Tinggalkan Komentar