Jadikan Bogor Kota Peduli Sampah

307
sumber gambar: https://headlinebogor.com

Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PJLHK), Dinas Lingkuhan Hidup (DLH) Kota Bogor dan PD Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ) melakukan bersih-bersih dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019, belum lama ini.

Kepada wartawan, Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi, Asep Sugiarta mengatakan, aksi ini tidak hanya di Kota bogor tetapi dilakukan diseluruh Indoneisa untuk Unit Pelaksana Teknis Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (UPT KSDAE), baik yang ada di taman nasional Sumber Daya Alam (KSDA).

“Tujuannya adalah untuk emmastikan bahwa peduli sampah menjadi sikap hidup sehingga kedepan nanti menjadikan Kota Bogor sebagai kota peduli sampah, hari ini agendanya tidak sebatas bersih-bersih namun juga memberikan penyuluhan kepada masyarakat,” ujar Asep Sugiarta.

Kata dia, diperlukan sosialisasi yang berkesinambungan terkait regulasi pelarangan penggunaan kantung plstik. “Setiap orang adalah agen kebersihan,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ) Kota Bogor, Muzakkir mengaku siap menjadikan pasar di Kota Bogor menjadi bersih dan bebas dari plastik. Langkah pertama yang akan diambil PD PPJ Kota Bogor adalah memberikan edukasi kepada para pedagang untuk memilah sampah.

“Pemilahan samah menjadi langkah pertama yang akan diterapkan PD. Pasar Pakuan Jaya dengan harapan proses pengolahan sampah selanjutnya akan lebih mudah dan lancar. Selain itu, aksi kali ini diharapkan mampu memberikan edukasi sehingga warga menjadi lebih sadar dalam menjaga kebersihan pasar sehingga menjadi sehat,” kata Muzakkir. (Fredy Kristianto)

Sumber: Koran Jurnal Bogor, edisi 6 Maret 2019

SHARE

Tinggalkan Komentar