Jalan Kaki 30 Menit Kontrol Tekanan Darah

237
sumber gambar: bugaraga.com

Aktivitas fisik seperti jalan kaki boleh jadi tampak sepele. Namun, hal yang tampak tak terlalu penting itu justru menyimpan manfaat besar untuk kesehatan, termasuk urusan mengontrol tekanan darah.

Studi teranyar yang diterbitkan dalam jurnal Hypertension menemukan, jalan kaki selama 30 menit di pagi hari mampu menurunkan tekanan darah. Hal serupa juga ditemukan  pada wanita yang secara teratur beranjak dari bangku kerja untuk istirahat.

Mengutip Metro, peneliti daru Univercity of Wastren melakukan percobaan pada 32 pria dan 35 wanita dengan berat badan berlebih. rata-rata dari mereka berusia 67 tahun dan dilaporkan tak begitu aktif secara fisik.

Peneliti meminta mereka untuk menghabiskan  tiga hari dengan tiga carayamh berbeda. Pertama, mereka diminta ubtuk duduk selama delapan jam tanpa gangguan. kedua, kegiatan duduk diisi ileh beberapa latihan fisik. Mereka diminta duduk selama satu jam lalu berjalan pada treadmil selama 30 menit.

Terakhir, mereka diminta berjanal kaki selama 30 menit di pagi hari saat memasuki aktivitas duduk, mereka diminta untuk berjalan kaki ringan setiap 30 menit selama tiga hari.

Hasinya, peneliti menemukan adanya penurunan tekanan darah. Namun pada wanita, perpaduan antara jalan kaki di pagi hari dengan istirahat rutin dari aktivitas duduk mampu menurunkan tekanan darah secara lebih signifikan.

Penemuan ini dinilai penting untuk dicermati para pekerja kantor yang menghabiskan waktunya di belakang meja. Sebab saat tekanan darah berhasil diturunkan, maka resiko stroke akan semakin rendah. (Asep Saepuddin Sayyev)

Sumber: Koran Jurnal Bogor, edisi 28 Februari 2019

SHARE

Tinggalkan Komentar