Jalan Otista dan Suryakencana Diberlakukan TPE

261
sumber gambar: https://auroramedia.id

Dinas Perhubungan Kota Bogor melakukan penataan untuk lahan parkir agar lebih efisien, dan rapi. Upaya ini menyikapi persoalan lahan parkir yang semakin sempit, namun jumlah kendaran yang meningkat. Dinas Perhubungan Kota Bogor pun menyosialisasikan Terminal Parkir Elektronik (TPE).

Beberapa lokasi yang sudah ditetapkan TPE berada di Jalan Otista dan Suryakencana, untuk di tista sudah dibuatkan 3 unit TPE, sedangkan di Suryakencana sebanyak 15 TPE.

Kepala Bidang Saranan dan Prasarana Dinas Perhubungan Kota Bogor, Dody Wahyudin mengatakan. “Untuk di TPE ini sendiir ditetapkan tarif progresif. Dengan teknisnya para pengguna kendataa yang ingin parkir diwilayah ang ada TPE nya, dia harus nge-tap dulu kartu elektroniknya ke mesin TPE. Apabila pengguna tidak memilki kartunya, juru parkir akan membantu. Jadi masih ada juru parkir yang stand by siap membantu,”

“Dinas Perhubungan sementara ini baru berkerjasama dengan Bank Mandiri dn Bank Jabar dalam pengadaan kartu parkir elektronik ini. Kita sudah juga mengajuan kerjasama dengan beberapa bank lain,”

Namun tidak semua ruas jalan dapat dikenakan TPE ini seperti ruas jalan nasional. 

Tugas Dinas Perhubungan sebenarnya adalah menjaga keselamatan pengguna jalan, keselamatan berlalu lintas, mengantisipasi kemacetan, dan meminimalisir ruas-ruas jalan dengan volume kendaraan yang semakin tinggi.

“Untuk beberapa lokasi lainnya masih dalam tarap pengkajian apakah akan di berlakukan sistem elektronik ini atau tidak karnea ada hambatannya seperti PKL dan Pejalan Kaki,” pungkasnya. (Prast)

Sumber: Koran Jurnal Bogor, edisi 11 Maret 2019

SHARE

Tinggalkan Komentar