Kabupaten Bogor Rawan Bencana Alam

530
https://www.google.com

BUPATI Bogor Ade yasin meminta masyarakat Kabupaten Bogor waspada akan bencana di tahun 2019. Pihaknya pun meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Bogor untuk siap siaga. Bukan hanya itu saja melihat beberapa kejadian bencana yang terjadi di Desa Sukamakmur, kecamatan Ciomas dan Longsor di Pamijahan serta Cigudeg. Pemkab Bogor tahun 2019 ini mengagarkan 10 miliar untuk penanggulangan bencana.

“Hampir 70 persen wilayah di kabupaten Bogor rawan bencana alam. Masyarakat harus waspada menurut apa yang dikatakan BMKG tahun 2019 kabupaten Bogor bakal banyak terjadi bencana dari itu masyarakat perluwaspadai,” kata Bupati Bogor Ade Yasin, kepada wartawan, kemarin.

Dengan itu Bupati mengintruksikan BPBD, Tagana, TRC PMI harus siap siaga Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga harus siap siaga bila terjadi bencana yang mendadak.“Dan untuk bencana yang terjadi di beberapa wilayah kemarin saya udah kirim kan tenaga dari dinas sosial dan tenaga bencana. Dan sudah memberikan bantuan juga,” kata Ade Yasin.

Sebelumnya bencana yang terjadi di Ciomas bermula hujan deras Jumat malam (15/02) yang mengguyur kabupaten Bogor. Hingga mengakibatkan satu rumah yang di huni 8 jiwa di kampung Ciomas RT 02, RW 05, Desa Sukamakmur, kecamatan Ciomas diterjang longsor hingga merenggut 4 orang meninggal dunia,dan 4 luka-luka.

Dikatakan kapolsek Ciomas kompol Wahyu Widiyadi kejadian itu terjadi pada Jumat malam (15/02) pukul 23 WIB. “korban yang meninggal 4 orang 4 selamat yang meniggal  Dea Aprilia usia 8 tahun, Wildan 3 tahun, Imelda Yanti 13 tahun, dan Nuryanti 35 tahun sedangkan korban luka Saefullah 35 tahun, Santi Fitri Dewi 27 tahun, Hariyanti 33 tahun,dan Septi 9 bulan,” beber kapolsek Ciomas kompol Wahyu.

Tak hanya itu selang kejadian di Ciomas Minggu pagi (17/02) pun kembali terjadi longsor di jalan kabupaten Bogor tepatnya Desa Pamijahan, kecamatan Pamijahan. Akibat kejadian itu jalan yang bisa menghubungkan kabupaten dengan Sukabumi itu tertutup material tanah. Beruntung tidak adakorban jiwa. (CR-JB 4)

Sumber: Koran Junrla Bogor, edisi 18 Februari 2019

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here