Kalah Dari Qatar, Masih Ada Asa

382
Sumber gambar : https://static.breakingnews.co.id/

SKUAD Timnas Indonesia U-19 kalah tipis 5-6 dari Timnas U-19 Qatar. Meski demikian, masih ada peluang bagi Garuda Muda untuk lolos dari fase grup Piala Asia U-19 2018. Timnas U-19 Indonesia harus mengakui keunggulan Qatar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (21/10).

Gol Qatar dicetak oleh Hashim Ali (menit 11, 51′), Abdulrasheed Umaru (14, 41′, 56′), Mohammed Waad (24′). Indonesia membalas lewat gol Lutfi Kamal (28′), Rivaldo Ferre (65′, 73′, 80′), Saddil Ramdhani (69′). Hasil ini membuat posisi pasukan Indra Sjafri di Klasemen grup A Piala Asia U-19 2018 turun ke posisi ketiga dengan koleksi tiga poin. Tim Garuda Nusantara kalah head to head dari Qatar di posisi kedua, meski mengoleksi poin yang sama.

Peluang untuk meraih satu dari dua tiket ke perempat final masih ada, meski tidak mudah.

Pasalnya, pada laga terakhir timnas U-19 Indonesia harus menghadapai pemuncak klasemen Uni Emirat Arab (UEA), sedangkan Qatar kontra juru kunci, Taiwan. Padahal Indonesia membutuhkan hasil sempurna guna menjaga peluang lolos dari fase grup.

Sementara ada beberapa situasi yang membuat Indonesia bisa lolos. Pertama, jika Qatar tumbang dari Taiwan, Indonesia hanya perlu bermain imbang denga UEA. Dengan hasil itu urutan klasemen adalah UEA (7 poin), Indonesia (4), Taiwan (3), Qatar (3). Kedua, jika Qatar dan Taiwan bermain seri, Indonesia harus meraih kemenangan karena hasil imbang akan membuat mereka kalah head to head dari Qatar.

Andai hal tersebut terwujud, Indonesia (6 poin) memimpin klasemen , disusul UEA (6), Qatar (4), Taiwan (1). Ketiga apabila Qatar menang, Indoensia harus meraih kemenangan. Dengan begitu, UEA, Qatar dan Indonesia sama-sama mengoleksi 6 poin klasemen akan ditentukan oleh selisih gol diantara etiga tim. Dua tim dengan agregat terbaik akan lolos ke perempat final. (Asep Saepudin Sayyev)

Sumber : Koran Jurnal Bogor, Edisi 22 Oktober 2018

SHARE

Tinggalkan Komentar