Kini Kamu Bisa Membangun Rumah Dengan Konsep SmartHome

315
Sumber Gambar : http://siborblog.com/2015/11/your-staten-island-smart-home-can-provide-convenience-peace-of-mind/

Tahukah kamu bahwa pada dasarnya konsep pembuatan rumah pintar terbagi menjadi dua, yaitu otomatisasi dan dan pengoperasian perangkat jarak jauh.

Untuk konsep otomatisasi, misalnya lampu di ruangan anda akan mati dengan sendirinya ketika mendeteksi ada cahaya yag cukup menyinari ruangan tersebut. Atau bisa terjadi melalui Air Condisioner (AC) yang otomatis akan menyala jika mengetahui ada keberadaan orang yang akan beraktifitas di ruangan itu.

Sedangkan untuk konsep penggunaan perangkat jarak jauh, bisa dicontohkan misalnya menggunakan semacam aplikasi pada smartphone kamu untuk menyalakan tv atau menutup pintu, dan sebagainya.

Banyak yang menginginkan hidup di dalam rumah pintar, namun sayangnya terkendala dengan harga. Tapi kamu bisa nih menyulap rumah lama kamu menjadi rumah dengan konsep smarthome. Emang bisa?

Selain kamu harus membeli perlengkapan dengan fitur-fitur canggih, kamu harus mempertimbangkan konsep smarthome pada rumah kamu. Diantaranya :

  1. cermati siapa saja orang yang akan tinggal dan bagaimana kebiasaan mereka
  2. Perhatikan lokasi rumah dan infrastruktur yang akan menjadi penunjang rumah pintar tersebut. Jangan sampai kamu membangun rumah pintar di lokasi yang jaringan internetnya masih “ngos-ngosan”.
  3. Susun rencana keuangan yang jelas, terutama budget untuk memilih produk teknologi yang menunjang rumah pintar tersebut. Kamu akan menemukan seberapa banyak aspek teknologi yang terintegrasi dalam rumah pintar anda.

Smarthome memang mampu memberi nilai lebih bagi para penghuninya. Namun bagai dua sisi mata uang, tentu konsep rumah pintar juga memiliki sisi kelebihan dan kekurangannya bukan?

SHARE

Tinggalkan Komentar