Kini Saatnya Ganti Kemasan Styrofoam Dengan Kemasan Alternatif

701
Sumber gambar : http://panduanhidupsehat.com/

Sudah sering ya kita temuin diberbagai tempat pelaku usaha atau restoran-restoran pesan antar yang  menggunakan styrofoam untuk mengemas produk mereka. Selain lebih praktis dan murah, styrofoam juga memiliki ketahanan yang cukup baik.

Tapi dibalik kepraktisannya bahwa kebiasaan tersebut akan menimbulkan dampak berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan, karena mengandung beberapa zat kimia seperti benzene dan styrene yang sudah dibuktikan kalau zat ini mengakibatkan kanker pada manusia.

Nah, gaes. Pengin tahu gak, kemasan alternatif apa aja sih yang cocok dan aman untuk kesehatan? Yuk kita simak

Kemasan Kaleng

Bahannya aman dan cocok digunakan untuk mengemas makanan cepat saji karena terbuat dari stainless steal. Dan kebanyakan bahan ini dilapisi lagi dengan metal sehingga dapat mencegah reaksi dengan makanan atau minuman yang ada didalamnya.

Aluminium Foil

Kemasan aluminium foil ini memiliki bermacam-macam bentuk dan ukuran terutama untuk digunakan berbagai macam produk, dan kemasan ini lebih aman dan kuat untuk produk pangan karena sudah banyak dilapisi plastik. Dan dapat menghambat oksigen yang bisa mengubah tekstur dan rasa makanan-makanan tersebut.

Plastik Food Grade

Sudah banyak kemasan plastik yang digunakan untuk para pelaku usaha karena kepraktisan dan harganya yang murah, namun dibalik semua itu. Apakah plastik yang digunakan sudah tergolong food grade? Untuk mengetahuinya, kamu harus melihat kode bagian bawah wadah plastik, kode tersebut yaitu PETE/PET, HDPE, PVC, LDPE, PP, PS, atau Other. Wadah plastik tersebut ada yang bisa digunakan berulang kali dan ada yang hanya dianjurkan dipakai sekali saja tergantung jenis plastiknya.

Karton Box

Selain plastik, pasti kamu juga sering melihat makanan yang dikemas menggunakan karton bukan? Nah kemasan ini terbuat dari kertas kraft liner dan kertas medium sebagai lapisan gelombangnya. karton box bisa menjaga produk yang ada di dalamnya dari paparan cahaya, udara dan bakteri sehingga dapat menjaga ketahanan makanan Anda lebih lama.

Kemasan Kertas

Sebenarnya bisa saja kamu mengemas makanan cepat saji menggunakan kertas, namun tidak semua kertas dapat digunakan. Nah, jenis kertas apa yang dapat digunakan dan tidak berbahaya bagi tubuh? Bahwa kertas yang aman adalah karton virgin fiber dan karton food grade yang 100% terbuat dari bahan alami berwarna putih, tidak berbintik-bintik, serta bebas dari kandungan bakteri dan senyawa berbaya seperti benzene dan styrene serta mudah terurai.

Nah, kamu bisa nih mulai dari sekarang menghentikan penggunaan plastik yang pasti akan sulit dan lama sekali untuk di urai dan bahan styrofoam yang sebenarnya tidak baik bagi kesehatan dan lingkungan. Ayo kita berubah. Kalau bukan kita siapa lagi?


.

SHARE

Tinggalkan Komentar