Lockdown Hingga ODP, Arti Istilah Penting Menyangkut Covid-19

325
sumber gambar: https://www.disway.id

Virus Corona atau yang biasa disebut dengan Covid-19 ini tengah menghebohkan seluruh mahluk di dunia. Hingga WHO menyebutkan bahwa virus ini adalah wabah pandemi yang dimana penyebarannya sangat cepat dalam waktu singkat.

Beberapa negara pun melakukan lockdown untuk sementara, tidak sedikit masyarakat awam yang bertanya-tanya mengenai istilah-istilah yang keluar selama covid-19. Ingin tau apa saja? Mari kita ulas.

#1. Lockdown

Lockdown memiliki arti terkunci dalam bahasa inggris, selama covid-19 semakin menyebar. Beberapa negara mengunci seluruh akses masuk maupun keluar dari daerah maupun negara manapun. Tujuannya untuk untuk mengunci suatu wilayah agar virus Corona tidak menyebar lebih luas.

#2. Isolasi

Menurut KBBI, Isolasi adalah pemisahan suatu hal dari hal lain atau usaha untuk memencilkan manusia dari manusia lainnya bisa disebut juga dengan pengasingan. Kalau dikaitkan dengan kasus Covid-19 sekarang, bisa diartikan dengan sebuah tindakan pemisahan antara pasien berpenyakit menular dari orang lain.

#3. Karantina

Berdasarkan KBBI yang sekaligus dikaitkan dengan Covid-19, karantina itu sendiri memiliki arti tempat penampungan yang lokasinya terpencil guna mencegah terjadinya penularan penyakit dan sebagainya.

#4. Wabah

Menurut KBBI, wabah adalah penyakit menular dengan penyebaran yang cepat. Menyerang ke berbagai daerah dengan jumlah besar yang bisa disebut dengan epidemi.

#5. ODP

Nah, istilah ini tidak sedikit orang yang belum mengetahuinya. ODP yang artinya Orang Dalam Pemantauan, orang yang sempat berpergian mengunjungi negara episentrum corona atau sempat melakukan kontak langsung dengan orang yang diduga positif corona sehingga harus dilakukan pemantauan.

#6. PDP

Setelah ada ODP, kini ada istilah PDP. Apa itu? PDP adalah Pasien Dalam Pengawasan, merujuk pada orang yang sudah terjangkit gejala Covid-19, seperti demam, batuk, pilek, dan sesak nafas. Orang ini bisa dikategorikan sebagai pasien.

#7. Social Distancing

Tujuannya dilakukan social distancing adalah untuk mencegah orang sakit melakukan kontak dengan orang lain dalam jarak dekat. Seperti dilansir dari The Atlantic, yang istilah ini baru saja populer semenjak Covid-19.

#8. Work From Home (WFH)

Jika diartikan ke dalam bahasa indonesia, memiliki arti kerja dari rumah. Kegiatan ini dilakukan untuk social distancing, dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona dengan menjaga jarak antara sesama manusia.

#9. Episentrum

Selain lockdown pasti kamu pernah mendengar tentang negara yang menjadi episentrum virus Corona atau COVID-19, bukan? Nah, istilah episentrum ini jika diterjemahkan dalam KBBI akan berarti titik pada permukaan bumi yang terletak tegak lurus di atas pusat gempa yang ada di dalam bumi.

Namun, jika dikaitkan dengan kasus Corona, maka istilah ini akan merujuk pada negara yang menjadi titik pusat penyebaran virus Corona.

sumber: idntimes

Tinggalkan Komentar