Malam Pertama Ramadhan: Buka Gerbang Berkah

288
sumber gambar: https://www.freepik.com/

Nabi (saw) berkata:

“Umatku (umat) diberikan lima hadiah yang tidak pernah diberikan nabi sebelum aku. Pertama, ketika ini adalah malam pertama Ramadhan, Allah melihat hamba-hamba-Nya. Dia tidak akan pernah menghukum mereka yang dilihatnya. Kedua, bau mulut mereka ketika malam menjelang lebih menyenangkan (bagi Allah) daripada aroma musk. Ketiga, malaikat mencari pengampunan Allah bagi mereka setiap hari dan malam. Keempat, Allah memerintahkan Firdaus dengan mengatakan, ‘Bersiaplah dan hiasi untuk hamba-hamba-Ku; mereka akan dibebaskan dari penderitaan kehidupan duniawi dan pindah ke Rumah dan Kehormatanku. ‘Kelima, ketika itu adalah malam terakhir (bulan Ramadhan) Allah mengampuni dosa semua orang ”. Setelah itu, seorang pria bertanya, “Apakah ini Malam Qadr (Kekuasaan)?” Dia (Nabi) berkata, “Tidak, tidakkah kamu melihat bahwa begitu pekerja menyelesaikan tugasnya, mereka menerima upah mereka?” (Ahmad dan Al-Bazzar)

Selain menikmati manfaat umum dari malam-malam di bulan yang diberkati, malam pertama Ramadhan dipilih dengan kebajikan-kebajikan tertentu. Menurut hadits di atas, pada malam pertama Ramadhan, Allah SWT memandang baik pada hamba-hamba-Nya dan Dia, Yang Mahatinggi, tidak akan pernah menghukum mereka yang memandangnya.

Merefleksikan karunia agung yang dimiliki seorang Muslim, pria atau wanita, pada malam pertama Ramadhan, beberapa pertanyaan muncul di benak saya:

Mengapa malam pertama Ramadhan diberkati dengan posisi yang begitu unik dibanding malam-malam lainnya?

Siapa yang akan dilihat Allah di malam yang diberkahi itu?

Bagaimana saya – serta saudara-saudari Muslim yang saya cintai – dapat disukai dengan tampilan Allah pada malam itu?

Tentu saja, malam pertama Ramadhan diberkati dengan nikmat Allah yang luar biasa ini untuk kebijaksanaan ilahi yang Dia, Mahakuasa, tahu. Mungkin – di antara alasan-alasan lain – karena itu adalah pintu gerbang menuju bulan rahmat, pengampunan, berkat, dan kebebasan Api Neraka.

Banyak orang, sayangnya, mengabaikan dan tidak mempersiapkan diri mereka sendiri untuk manfaat khusus malam pertama Ramadhan. Beberapa orang sibuk dengan urusan sehari-hari dan menjalaninya seperti malam-malam lainnya sepanjang tahun. Beberapa orang pergi berbelanja, menikmati hiburan, dll., Dan ketinggalan berada di antara orang-orang yang disukai Allah pada malam itu.

Diberkati dengan karunia dan berkah ilahi yang begitu besar, malam pertama Ramadhan layak mendapatkan program khusus dan perhatian penuh. Karena persiapan sebelumnya harus dibuat dan rencana harus ditetapkan. Ini adalah malam yang sangat berharga yang hanya terjadi setahun sekali. Jadi, kita tidak boleh melewatkannya.

Program Khusus

Jika seorang Muslim, saudara lelaki atau perempuan, ingin berada di antara orang-orang di mana Allah akan melihat, dia harus bekerja untuk itu. Mereka harus mengekspos diri mereka untuk kebaikan, kemurahan, pengampunan, dan berkah Allah. Program berikut ini dapat membantu kami mendapatkan hadiah ilahi malam pertama Ramadhan:

#1. Bertekad untuk menahan diri dari melakukan kejahatan dan dengan tulus bertobat dari kesalahan Anda.

#2. Berniat untuk berpuasa sepanjang bulan Ramadhan dengan keyakinan teguh kepada Allah dan mencari untuk mengambil hadiah dari-Nya saja.

#3. Ucapkan dzikir malam (zikir Allah) sesaat sebelum matahari terbenam hari terakhir Sya’ban, lebih disukai di masjid.

#4. Pergi ke masjid untuk menawarkan Doa Maghrib di jemaah; para wanita dapat berdoa di rumah jika mereka mau. Note: Dalam keadaan pandemi, dilakukan dirumah saja.

#5. Duduk di masjid, dengan maksud i`tikaf (retret spiritual di masjid), dan melibatkan diri Anda dalam zikir (zikir Allah) dan pembacaan Al-Qur’an sampai Doa Isya. Note: Dalam keadaan pandemi, dilakukan dirumah saja.

#6. Berdoa Isha dan Tarawih dalam jemaat dengan ketaatan dan ketulusan. Note: Note: Dalam keadaan pandemi, dilakukan dirumah saja.

#7. Tersenyumlah ketika Anda bertemu dengan sesama Muslim Anda dan mengucapkan Selamat Ramadhan kepada mereka.

#8. Sebelum tidur, lakukan beberapa perbuatan baik seperti memberi dalam amal, membaca Quran, melakukan zikir, mengunjungi orang sakit, dll.

#9. Bangun untuk sahur (sahur) dan sholat Qiyam (Doa Malam Hari) sebelum Subuh.

#10. Pergi ke masjid untuk shalat Subuh; para sister dapat berdoa di rumah.

#11. Duduk setelah Subuh di masjid, membaca Al-Qur’an dan melakukan zikir, untuk berdoa Duha setelah matahari terbit. Note: Dalam keadaan pandemi, dilakukan dirumah saja.

#12. Ingatlah untuk memohon kepada Allah bagi umat Muslim yang menderita di mana-mana.

#13. Sepanjang malam, dengan sungguh-sungguh minta kepada Allah SWT untuk memohon dan melihat Anda dengan belas kasih dan pengampunan-Nya di malam yang diberkati ini.

#14. Dorong keluarga dan teman-teman Anda untuk mengambil kesempatan berkat malam pertama Ramadhan.

Sumber: thefaith.com dan Aboutislam.net

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here