Mana yang Benar, Sosial Media Atau Media Sosial?

666
Sumber gambar : http://4.bp.blogspot.com

Salah satu frasa yang sekarang ini sering digunakan oleh masyarakat awam adalah sosial media atau media sosial, bisa jadi kamu sendiri tidak banyak mengetahui kedua frasa ini. Tidak sedikit yang bertanya-tanya apa kata frasa yang sebenarnya?

Dalam Bahasa Inggris memiliki struktur bahasa yang berbasis pada MD atau Menerangkan Diterangkan. Artinya, jika ada kata sifat dan kata benda yang berurutan dalam satu frasa atau kalimat, maka yang didahulukan adalah kata sifatnya yang menerangkan, baru setelah itu masuk kata benda yang diterangkan. Contohnya adalah red car, smart people, pretty girl, dan lain-lain.

Sedangkan bahasa Indonesia memiliki landasan struktur yang berbeda. Struktur bahasa Indonesia berbasis pada DM atau Diterangkan Menerangkan. Artinya, jika ada kata sifat dan kata benda yang berurutan dalam satu frasa atau kalimat, maka yang didahulukan adalah kata bendanya yang diterangkan, baru setelah itu masuk kata sifat yang menerangkan. Contohnya adalah Red Car tidak diartikan merah mobil di dalam bahasa Indonesia, melainkan mobil merah.

Dari penjelasan singkat di atas, saya rasa sudah jelas mengapa penyerapan social media di dalam bahasa Indonesia seharusnya menjadi media sosial. Media (yang diterangkan) sudah seharusnya disebutkan terlebih dahulu dibanding sosial (yang menerangkan), di mana dalam bahasa Inggris (yang memiliki struktur terbalik dengan bahasa Indonesia) sudah benar disebut social media. 

Jadi, berani untuk mengubah kebiasaan menulis sosial media menjadi media sosial?


SHARE

Tinggalkan Komentar