Menengok Keunikan Istana Panda Bogor yang Gemesin, Sudah ke Sana?

443
sumber gambar: https://cdn.idntimes.com

Taman Safari merupakan salah satu objek wisata terbaik di Indonesia untuk mengamati tingkah laku binatang. Banyak edukasi yang bisa kamu dapatkan selama di sana.

Kamu bisa merasakan pengalaman luar biasa untuk lebih dekat dengan lingkungan para hewan. Salah satu di Indonesia, berada di Taman Safari Indonesia (TSI), Jalan Raya Puncak Nomor 601, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

1. Dikirim langsung dari pengembangbiakan di Tiongkok Wildlife Conservation Association (CWCA)

Sebelum dikenalkan kepada publik, kedua panda tersebut dikarantina dulu selama 31 hari. Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina) ditempatkan di Istana Panda Indonesia yang menempati lahan tertinggi di (TSI) Bogor.

Agar kedua panda itu cepat beradaptasi dengan baik, Istana Panda Indonesia didesain mirip dengan kondisi di Cagar Alam Nasional Wolong, Chengdu, Provinsi Sichuan. Berada di tengah-tengah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, suhunya sekitar 15-24 derajat celcius.

Nantinya, kamu bisa menemukan Cai Tao dan Hu Chun di lokasi outdoor dan indoor di TSI Bogor. Giant panda tersebut akan menempati rumah barunya berupa pepohonan alami dan rumah kayu sebagai tempat mereka bermain.

2. Kapan waktu terbaik melihat kedua pasangan giant panda tersebut?

Berbeda dari jenis panda lainnya, giant panda lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Biasanya mereka bangun hanya untuk makan saja. Jika kamu ingin melihat tingkah laku Cai Tao dan Hu Chun, lebih baik datang saat jam makan. Yakni sekitar pukul 09.00; 11.30; 14.30; 17.00; dan 19.00.

Setiap pengunjung harus menuju Istana Panda dengan menggunakan bus yang telah disediakan pihak TSI Bogor. Bus siap mengantar mulai pukul 08.00-16.00, sedangkan jalur sebaliknya tersedia hingga pukul 17.00.

3. Ada apa saja sih di Istana Panda TSI Bogor?

Tak hanya giant panda, Istana Panda seluas 5.000 meter persegi ini akan membuat nyaman para pengunjung. Bangunan yang memiliki dekorasi khas panda ini memiliki segala hiburan, mulai dari edukasi, rekreasi, wisata kuliner, dan belanja.

Bangunan berlantai tiga ini tak hanya dihuni giant panda, sehingga kamu bisa melihat beragam hewan lain yang hidup berdampingan. Ada enam panda merah, dua takin, dua unta, dua kuda, serta dua uggas pegar emas.

Nah, sudah siap untuk menikmati liburan yang menyenangkan bersama panda? Untuk saat ini, TSI Bogor membatasi jumlah pengunjungnya sekitar 200 orang saja. 

Sumber: https://www.idntimes.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here