Mengapa Cloud Computing Diperlukan di Masa Sekarang?

328
Sumber gambar : http://jawab.co.id

Teknologi komputasi berbasis Cloud semua data berada dan disimpan di server Internet, begitu juga dengan aplikasi ataupun software yang pada umumnya dibutuhkan pengguna, semuanya berada di komputer server. Dengan kata lain, perusahaan tidak perlu investasi server berbentuk fisik, kita tidak perlu memelihara perangkat server sehingga adanya penurunan biaya pengeluaran perusahaan.

Walaupun sisi ekonomi sudah tidak lagi menjadi faktor yang kuat namun, kalangan enterprise sendiri tertarik dengan fleksibilitas dan kemudahan yang disediakan melalui layanan ini. Itulah mengapa Cloud Computing akan segera menjadi layanan mainstream karena kemudahannya beradaptasi dengan para pekerja yang akan menggunakannya.

Selain itu, ada hal lain yang juga terlibat yakni penggunaan Cloud Computing meningkatkan interaksi dengan klien, mitra bisnis dan supplier. Hasil ini sendiri ditemukan dari hasil jawaban koresponden survei yang 37% di antaranya setuju dengan hal tersebut. Jadi bisa dikatakan ada 3 manfaat utama dari penggunaan Cloud Computing dalam bisnis di sebuah perusahaan adalah meningkatkan kinerja bisnis (73%), pengurangan biaya (73%), dan peningkatan otomasi layanan (72%).

Walaupun begitu, ada pula risiko yang menjadi tantangan tersendiri dari penggunaan Cloud Computing, yakni adanya risiko kehilangan data yang masih menjadi perhatian utama dan harus ditingkatkan dari sisi keamanan komputasi awan. Meskipun begitu, dari hasil survei tersebut juga dikatakan bahwa para responden menunjukkan kekhawatiran akan pencurian kekayaan intelektual yang terjadi di tahun 2012 menunjukkan presentase hingga 78% yang menurun menjadi 50% saja. Sedangkan untuk kekhawatiran akan adanya kehilangan data dan risiko kebocoran privasi juga menurun dari 83% menjadi hanya 53% saja.

Hal ini menunjukkan ada perubahan yang cukup signifikan yang dilakukan para pengelola jasa Cloud Computing yang dapat meyakinkan para pengguna bahwa data mereka aman terlindungi dan tidak akan terjadi pelanggaran. Namun, kamu harus tetap mempelajari sistem kontrak dari Cloud service yang akan kamu gunakan. Pastikan setiap proses yang ada dapat kamu ketahui. Jangan sampai mendapatkan biaya yang sangat murah, namun tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu.

SHARE

Tinggalkan Komentar