Metode Perangkat IT Untuk Menghemat Energi

455
Sumber gambar : http://www.abetterearth.org

Dalam Green Computing lebih mengacu pada komputasi yang ramah lingkungan. Dengan metode dalam ruang lingkup penggunaan komputer dan perangkat IT untuk menghemat energi, mengurangi pemanasan global maupun pencemaran lingkungan.

Konsepnya sama dengan go green yaitu mengurangi penggunaan bahan berbahaya, kita bisa lihat dari sisi perangkat keras, perangkat komputer yang sudah memiliki sertifikasi energy star merupakan standar internasional untuk sebuah produk energi yang efisien. Dari sisi perangkat lunak yang menerapkan fungsi untuk mengendalikan penghematan sumber daya perangkat listrik.

Dalam green computing cenderung lebih dilihat dari penggunanya. Dengan keahlian dan pemikiran pengguna yang bisa membuat suatu barang elektronik yang sudah tidak terpakai (bekas) dapat digunakan kembali sehingga tidak perlu membuangnya menjadi sampah.

Hal inilah yang mendorong ditanamkannya aspek-aspek green computing mulai dari tahap desain, pengembangan, implementasi, utilisasi, hingga pembuangan elemen-elemen infrastruktur teknologi informasi secara efektif dan efisien, serta tidak membawa dampak buruk bagi lingkungan.

Agar dapat mengurangi dampak komputer pada lingkungan, kamu harus dapat dapat mengubah kebiasaanya.

SHARE

Tinggalkan Komentar