Nikmati Fasilitas BukaBike, Bisa Pinjam Sepeda Gratis Keliling Pedestrian Kota Bogor

246
sumber gambar: https://kotabogor.go.id

Pemerintah Kota Bogor berkolaborasi dengan salah satu perusahaan online marketplace terbesar di Tanah Air, yakni Bukalapak, menyediakan berbagai layanan yang memudahkan serta memanjakan warga. Dilansir dari laman resmi kotabogor.go.id. 

Selain di bidang pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), penandatanganan kerjasama juga dilakukan di bidang pengembangan e-Government dimana aplikasi Bukalapak bisa dipakai untuk membayar pajak PBB bagi warga Kota Bogor.

Dan yang tak kalah menarik, dalam kesempatan tersebut juga turut dihadirkan layanan inovatif bernama BukaBike. Lewat fasilitas itu, warga bisa meminjam sepeda secara gratis hanya dengan menggunakan aplikasi Bukalapak.

“Yang spesial dari sepeda ini adalah gratis dan mudah. Caranya tinggal masuk ke aplikasi Bukalapak untuk memindai QR Code dan membuka kunci digitalnya. Kemudian warga langsung bisa menikmati fasilitas ini berkeliling pedestrian Kebun Raya dan mengembalikannya ke tempat semula,” ungkap Wali Kota Bogor Bima Arya usai melakukan penandatangan kerjasama dengan CEO Bukalapak Achmad Zaky di pedestrian dekat underpass seberang IPB Baranangsiang, Rabu (24/4/2019).

Sejauh ini, penggunaan BukaBike masih terbatas selama 30 menit. Penggunaannya pun masih ditujukan di wilayah sekitaran pedestrian Istana dan Kebun Raya Bogor.

Bima menambahkan, sebagai tahap awal, Bukalapak menyediakan 10 unit sepeda. Namun, ke depannya jumlah tersebut akan ditambah sejalan dengan program Pemkot Bogor yang terus berbenah menyiapkan fasilitas publik, khususnya pedestrian di titik-titik lain di kota hujan.

“Sementara baru ada 10 unit, tapi nanti ditambah terus. Titik-titik yang nyaman untuk bersepeda juga ditambah, tidak hanya di sekitar Kebun Raya dan Istana Bogor saja. Tujuannya meningkatkan animo masyarakat untuk bergerak berolahraga, menarik wisatawan karena sensasinya berbeda, yakni bersepeda keliling pedestrian Kebun Raya,” jelasnya.

Bima meminta dinas terkait untuk memastikan fasilitas tersebut berjalan dengan baik. “Yang terpenting sekarang kita pastikan sistemnya ini berjalan. Jadi, mudah-mudahan kita bisa monitor terus setiap hari agar sistemnya berjalan dengan baik,” kata dia.

Sementara itu, Achmad Zaky mengapresiasi respon cepat Wali Kota Bogor Bima Arya dalam menindaklanjuti kerjasama tersebut. “Kami mengapresiasi kecepatan Mas Bima sebagai wali kota. Cepat sekali. Ini baru pertama kali Bukalapak berkolaborasi dengan pemerintah daerah. Mudah-mudahan ditiru pemimpin yang lain,” ujar Zaky.

“Karena pemerintahan dan masyarakat memiliki kebutuhan yang sangat besar. Bukalapak mencoba berinovasi dan memfasilitasi itu. Sudah saatnya kehadiran teknologi memberikan kemudahan dan efektivitas bagi pemerintahan dan masyarakat,” pungkas Zaky. (Humpro :fla/indra/arvan/adt/pri)

SHARE

Tinggalkan Komentar