Path ditutup, Berikut Deretan Media Sosial Lainnya yang Dulu Pernah Tenar dan Akhirnya Kandas

250

” The Last Say Goodbye”

Ada apa dengan satu kelimat tersebut? Ya, memang minggu terakhir ini sudah beredar kabar kalau Path akan ditutup resmi dan tidak akan beroperasi lagi. Tapi, tidak hanya path yang satu-satunya media sosial yang memutuskan untuk tutup.

Sebelum Path, masih ada beberaapa media sosial yang memutuskan untuk tutup. Bahkan ada yang berahli fungsi. Apa saja ya? Kira-kira kamu pernah menggunakannya gak ya, kalau iya bearti ketahuan deh usia mu.

Yahoo Messenger

Biasa disingkat YM, buat kamu kaum milenial pasti asing telinga kalian. Jangan salah kalau YM ini merupakan cikal bakal aplikasi chat jaman sekarang. YM dikenal pada tahun 2000an karena dulu masih banyak netizan yang masih menggunakan alamat email yahoo. Namun semenjaka ada gmail yang memiliki banyak fitur, banyak netizen yang berpaling. Sehingga pengguna YM makin terkikis

Friendster

Friendster merupakan media sosial yang paling terkenal dan hits dikalangan anak 90an. Anak mudah pada jamannya pasti punya akun yang satu ini buat berhubungan langsung dengan teman-temannya. Fiturnya juga lucu-lucu. Sebenarnya friendster masih dibuka namun sudah menjadi situs game.

BBM Messenger

Kalau yang satu ini sih sempat digandrungi oleh kaum milenial. Aplikasi ini sempat berjaya dari blackberry sampe smartphone, namun dikalahkan oleh whatsApp dan Line. Walaupun BBM sempat ingin menarik perhatian pengguna smartphone untuk menambahkan fitur didalamnya. Namun semuanya terlambat karena waktu itu BBM sangat ekslusif yang hanya bisa digunakan oleh pengguna smartphon blackberry. Yang akhirnya banyak pengguna yang beralih menggunakan whats App dan Line.

Tumblr

Jika aplikasi yang satu ini bukan dengan sengaja mereka menutup resmi, namun Tumblr ini diblokir oleh KOMINFO untuk wilayah Indonesia . Alasan KOMINFO memblokir situs ini karena sekitar 360 akun memuat konten pornografi dan karya seni yang memuat hal-hal berbau LGBT.  Pemblokiran ini cukup menerima banyak protes, pasalnya fungsi dari tumblr sendiri adalah untuk memposting foto, gif atau tulisan dari para penggunanya. Untuk gambarannya sih, mirip dengan Twitter dan mini-blog dijadikan satu.

Path

Kalau aplikasi yang satu ini memang lagi hangat-hangatnya di bicarakan, karena fitur-fiturnya yang anak kekinian banget, path digadang-gadang menjadi pesaing facebook. Path yang berdiri tahun 2010 akan tutup pada tanggal 1 Oktober 2018 setelah 8 tahun berjalan.

SHARE

Tinggalkan Komentar