Pemilih Milenial Diberikan Pemahaman Politik

477
Sumber gambar : https://monitor-indonesia.com

Sebanyak 8 ribu pemilih pemula atau milenial di Kabupaten Bogor yang terdiri dari kalangan pelajar tingkat SMA dan sederajat diberikan pemahaman politik dan situasi politik saat ini dinilai semakin mengkhawatirkan, di Aula SMP Negeri 1 Dramaga, Selasa (23/10). Tutur hadir dalam kegiatan itu para guru SD, pengurus pramuka, KPU, dan Kesbangpol Kabupaten Bogor, Sosialisasi itu dilakukan karena para generasi muda ini merupaan agen – agen perubahan yang akan menyampaikan, baik di keluarga maupun di lingkungannya soal politik saat ini.

“Karena mereka agen perubahan generasi penerus yang harus paham akan politik lebih jauh mereka harus tahu siapa penyelenggara pemilu, peserta pemilu, aturan pemilu. Sejauh ini kan mereka hanya tahu soal memasnag spanduk, umbul-umbul,” Kata Kasi Politik dan Kelembagaan Kesbangpol Kabupaten Bogor, Sujana Kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Mereka, sambung Sujana, tak hanya diberikan soal pemahaman dasar politik. Namun, juga diberikan pemahaman soal peraturan tentang pelaksanaan pemilu baik Pileg dan Pilpres yang disampaikan oleh pihak KPU Kabupaten Bogor. “Dan mereka juga dijelaskan tentang keterbukaan informasi dan UU ITE. Jangan sampai mereka ketika menerima informasi langsung menyebarkannya lagi. Kalau infromasi itu hoax, dampaknya bahaya bagi mereka, jadi mereka dijelaskan soal UU ITE ketika menyebarkan luaskan infromasi hoax apalagi soal isu SARA yang saat ini sering terjadi,” kata Sujana

Sementara itu, Budayawan Bogor Karyawan Faturachman, mantan wakil bupati bogor era Rahmat Yasin itu mengatakan, dalam kegiatan ini dirinya yang menjadi narusember mengajak kepada generasi muda untuk berperan aktif dalam pelaksanaan pemilu, baik pileg maupun pilpres 2019.

“Partisipasi politi sangat diharapkan dari generasi muda ini. Karena pemilih pemuda lebih banyak dari pada pemilih orang dewasa. Jangan sampai kedaulatan bangsa ini dikalahkan oleh golput jadi peran-peran aktif pemuda sangat diharapkan ,” pungkasnya. (CR-JB 4)

Sumber : Koran Jurnal Bogor, Edisi 24 Oktober 2018

SHARE

Tinggalkan Komentar