Pendaftaran Mudik Motor Gratis Dimulai Besok

370

Kemenhub Menyaipkan 1.200 Bus untuk Program Mudik Motor Gratis

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tahun ini kembali membuka program mudik motor gratis. Program tersebut dibuat pemudik yang menggunakan motor dapat di angkut secara gratis, sementara pemudik dapat menuju kampung halaman dengan angkutan bus atau kapan Roro secara gratis.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi mengatakan pendaftaran mudik motor gratis sudah bisa dilakukan mulai besok (20/3). “Daftar secara online bisa dimulai besok melalui laman resmi mudikgratis.dephub.go.id,” kata Budi di Gedung Kemenhub, Selasa (19/3).

Sementara itu, untuk pendaftaran manual masih direncanakan baru dapat dibuka pada awal April 2019. Pemudik motor gratis berlaku untuk satu keluarga dengan satu STNK sepeda motor.

Untuk mengangkut motor, Budi memastikan Kemenhub menyediakan truk dan kapal Roro. Sementara penumpangnya dapat mudik gratis dengan bus dan kapan Roro.

Budi mengatakan sudah menyiapkan 1.200 bus untuk program mudik motor gratis pada masa angkutan Lebaran Idul Fitri 2019. “Jumlahnya bus ini naik 11 persen dibanding tahun lalu sebanyak 1.073 bus,” kata Budi.

Sementara itu, untuk truk mengangkut motor para pemudik disiapkan sebanyak 100 unit. Budi mengatakan truk tersebut dapat mengangkut sebanyak 3.500 unit sepeda motor untu mengurangi jumlah penggunaan sepeda motor pada saat mudik lebaran.

Untuk Kapa roro disediakan sebanyak tiga unit dengan kapasitas angkut perkapalnya seribu motor dan dua ribu penumpang. “Lintasan yang dilayani adalah Jakarta-Lampung, Jakarta-Semarang, dan Jakarta-Surabaya dengan kuota penumpang enam ribu penumpang dan tiga ribu motor,” kata Budi. (Arie Chandra)

Sumber: Koran Jurnal Bogor, edisi 21 Maret 2019

SHARE

Tinggalkan Komentar