Penerapan e-Government di Indonesia, Seperti Apa ya?

442
Sumber gambar : https://financialtribune.com/articles/economy-sci-tech/56932/e-government-in-iran-improving-gradually

Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Information Communication and Technology/ICT) di dunia sudah semakin luas. Dapat kita lihat dari pengguna ICT yang tidak terbatas pada bidang perdagangan, bidang pendidikan, bidang pertahanan, keamanan negara dan sebagainya. Kelebihan ICT sendiri itu adalah dalam hal kecematan, dan kelebihan biaya yang lebih murah.

Dengan menggunakan ICT dapat mewujudkan efisiensi dalam gerak kehidupan gerak manusia sehari-hari. ditambah dengan keuntungan-keuntungan yang dapat dipertimbangkan yang akan didapat dari penerapan ICT ini.

Yang akan meningkatkan kuantitas dan kualitas dari interaksi tersebut, Oleh sebab itu ICT diterapkan dalam bidang kehidupan manusia. Lalu contoh e-Goverment apa saja yang sudah diterapkan di Indonesia?

a)    Penayangan hasil pemilu 1999 secara on-line dan real time.

b)     RI-Net. Sistem ini menyediakan email dan akses Internet kepada para pejabat.

c)    Info RI. Penyedia informasi dari BIKN.

d)    Penggunaan berbagai media komunikasi elektronik (Internet) di beberapa pemerintah daerah tempat

Dan saat ini, sejalan dengan perkembangan teknologi  e-goverment pun sudah mencangkup untuk keperluan proses lelang, e-katalog, serta inovasi-inovasi yang selalu di ciptakan oleh setiap pemerintah daerah masing-masing.

Contohnya seperti :
– Laras Online milik Pemkab Bogor (http://pengaduan.bogorkab.go.id)
Ini merupakan sebuah portal layanan pengaduan masyarakat yang di sediakan oleh Pemkab Bogor untuk menerima segala masukkan dari masyarakat untuk kemajuan Bogor itu sendiri.

-Aspirasi Online milik Kota Bogor (http://aspirasi.kotabogor.go.id) Serupa tapi tak sama dengan laras online, Ini merupakan sebuah portal layanan pengaduan masyarakat yang di sediakan oleh Pemkot Bogor untuk menerima segala masukkan dari masyarakat untuk kemajuan Kota Bogor itu sendiri.

Dan masih banyak lagi contoh yang lainnya untuk penerapan e-goverment ini. Untuk itu, jika instansi kamu sedang membutuhkan inovasi e-goverment untuk peningkatan kualitas pelayanan tak perlu ragu untuk datang konsultasi ke BONET UTAMA di Jl Raya Pajajaran 88F Kota Bogor, disana kamu akan diberikas segala solusi yang berhubungan dengan e-goverment sesuai kebutuhan anda.

Karena kedua contoh di ataspun BONET UTAMA lah yang mengembangkannya.

SHARE

Tinggalkan Komentar