PKL Suryakencana Tinggalkan Tempat Relokasi

151
sumber gambar : https://www.lensaonline.com

RATUSAN Pedagang Kaki Lima (PKL) Suryakancana, yang sebelumnya sempat direlokasi pemerintah kota (Pemkot) Bogor ke lantai dasar plaza Bogor belum lama ini, sudah meninggalkan tempat tersebut sejak dua pekan lalu. Sepinya pembeli serta akses yang sulit di jangkau disinyalir menjadi permasalahan utama yang membuat mereka angkat kaki.

Kepala Unit Plaza Bogor, Maradona membenarkan bahwa para PKL telah angkat kaki dari tempat relokasi sejak dua pekan lalu. “Memang benar mereka sudah tidak lagi menempati tempat relokasi sejak dua pekan lalu,”ujarnya kepada wartawan, baru-baru ini.

Menurut dia, Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ) dalam hal ini tidak dapat menahan PKL untuk tetap menempati tempat relokasi tersebut. “Kami tidak bisa menahan mereka. Sebab, alasannya mereka jualannya sepi. Lagi pula mereka di beri toleransi untuk sementara waktu oleh pemerintah sampai revitalilsasi lantai dasar yang akan menggunakan dana CSR oleh pemkotselesai,” jelasnya.

Maradona menyatakan bahwa sebanyak 148 PKL yang sebelumnya direlokasi, kini telah kembali berjualan di sepanjang jalan Suryakancana. “Ya,mereka berjualan lagi di tempat semula,” ucapnya.

Kata dia, sebaiknya penataan PKL di lakukan saja di tempat mereka berjualan dengan memperbaiki dan mempercantik gerobak-gerobak mereka dengan mengusung konsep kekinian. “Tentunya PD PPJ siap bila diberi wewenang untuk mengelola PKL Suryakancana,”paparnya.

Dalam kesempatan berbeda, salah seorang pedagang cakue, Sumirat menyatakan bahwa ia enggan berjualan di lantai dasar plaza Bogorlantaran sepi pembeli. “Yang beli sepi. Paling orangnya itu-itu saja. Bawa terigu tiga kilo, paling laku sekilo juga nggak,” ungkapnya.

Atas dasar itu, sambung dia, ia memilih untuk kembali berjualan di jalan Suryakancana. “Ya, langganan nggak ada yang datang. Kami sih berharap dapat diizinkan tetap berjualan dan ditata dengan rapih,” imbuhnya. (Fredy Kristianto)

Sumber: Koran Jurnal Bogor, edisi 4 Februari 2019

SHARE

Tinggalkan Komentar