Puluhan Warga Dekeng Keracunan

260
sumber gambar: https://dinamikabogor.com

SEBANYAK 43 warga RT01/RW09 Kampung Dekeng, Kelurahan Dekeng, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor diduga keracunan usai menyantap nasi bok yang berisi makanan olahan yang diperoleh dari acara tujuh bulanan di salah satu rumah warga setempat.

Warga yang didominasi ibu-ibu dan anak-anak diperkirakan menyantap nasi dengan lauk pauk seperti rendang, kentangĀ  balado dan mi goreng sawi tersebut pukul 12.00 WIB siang. Namun sejumlah warga mulai merasakan mual, pusing dan buang air besar pukul 15.00 WIB. Hingga pukul 18.00 WIB semakin banyak warga yang merasakan hal yang sama.

Camat Bogor Selatan Sujatmiko Barlianto membenarkan sebanyak 43 warga RT01/RW09 Kampung Dekeng di wilayahnya diduga mengalami keracunan usai menyantap makanan dari acara tujuh bulanan di rumah keluarga Endang dan Entih. “Ada kurang lebih sebanyak usai makan nasi bok dari acara tujuh bulanan di rumah Ibu Entih,” kata Camat kepada Jurnal Bogor, Rabu (23/1).

Sujatmiko menambahkan, beruntung saat kejadian warga langsung sigap dengan membawa para korban ke Puskesmas Cipaku untuk mendapat penanganan pertama dan selebihnya dibawa ke Rumah Sakit UMMI. Dan sampai berita ini diterbitkan, kondisi para korban keracunan tersebut berangsur membaik.

“Dengan sigap warga bersama elemen masyarakat lainnya membawa para korban ke Puskesmas Cipaku dan sebagian ada yang dibawa ke RS UMMI untuk mendapatkan penanganan medis, dan Alhamdulillah sejumlah korban kondisi kesehatannya berangsur membaik,” tandasnya.

Sementara Kapolsek Bogor Selatan Kompol Riyanto mengatakan, pihaknya masih menyelidiki kasus keracunan tersebut. Diduga, keracunan disebabkan dari salah satu olahan masakan yang dikemas dalam boks. “Kami sudah mengamankan barang bukti olahan makanan serta bumbu-bumbu dan memeriksa saksi,” kata dia. (Hendy Mehonk)

Sumber: Koran Jurnal Bogor, edisi 23 Januari 2019

SHARE

Tinggalkan Komentar