Ribuan APK Dicopot Bawaslu

172
sumber gambar: https://beritautama.net

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bogor melakukan penertiban serentak Alat Peraga Kampanye (APK) calon legislatif (Caleg) yang melanggar ketentuan di semua wilayah Kota Bogor, Senin (18/03).

Diprediksi ada sebanyak ribuan spanduk, baliho dan umbul-umbul caleg dan capres berhasil ditertibkan Bawaslu. Dalam penertiban besar-besaran kali ini Bawaslu dibantu tim dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) serta puluhan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Kooridnator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kota Bogor, Firman Wijaya mengatakan, 30 hari menjelang pencoblosan, Bawaslu Kota Bogor menertibkan APK yang berada di zona terlarang.

“Penertiban ini kami melibatkan baik unsur Satpol PP, Kepolisian dan Panwas Kecamatan. Jadinya tim gabungan dengan hasil maksimal,” ungkap Firman kepada wartawan.

Menurut Firman, para pelanggar akan dijatuhi sanksi administratif sesuai aturan PKPU dan Prabawaslu. “Kami sudah memberikan teguran, setelah itu akan menurunkan dan mencabut APK tersebut bersama pihak terkait seperti Satpol PP,” ucapnya.

Firman menegaskan, sebelumnya Bawaslu dan KPU sudah memberikan imbauan kepada partai-partai peserta Pemilu, agar melakukan penertiban secara mandiri.

“Karena belum maksimal, sehingga hari ini kami menertibkan APK yang masing terpasang di zona ilegasl,” pungkasnya. (Fredy Kristianto)

Sumber; Koran Jurnal Bogor, edisi 19 Maret 2019

SHARE

Tinggalkan Komentar