Ruang Terbuka Hijau Jadi Kios Kuliner

251
sumber gambar: https://aishasnews.files.wordpress.com

Ruang Tebuka Hijau (RTH) di Jalan Siliwangi, Kecamatan Bogor Timur, kini berubah fungsi menjadi kios kuliner . Padahal sebelumnya Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) telah melakukan pembonkaran terhadap kios serupa. 

Kepala Sesi Oprasional Po PP Kota Bgor Arief Hidayat, membenarkan hal itu, dan kini pihaknya sedang melakukan penyelidika, Ia pun mengaku sempat mendatangi lokasi untuk mempertanyakan perizinznna, sebab RTH itu merupakan fasilitas sosial (Pasos) fasilitas umum (Fasum) yang tidak bias digunakan untuk berjualan.

“Iya, beberapa waktu lalu tim saya kesana menanyakan izinnya, katanya nyewa tapi belum diketahui ke siapa nyewa lahannya, dan ini pemiliknya beda dengan yang dulu,” ujar Arief, belum lama ini.

kata dia, Pihaknya sedag melakukan penyelidikan, dengan menanykan ke pihak Bagian Pertamanan Dinas Perumahan dan Pemukinam (Disperumkim) dan badan keuanga dan Aset Daerah (BKAD).

“Ya, kalau sudah terbukti dan jelas izinnya, pasti kami terbitkan,” jelasnya. Sementara itu , Kepala Seksi Pertamanan Diperumkim Erwin Gunawan mengaku, Surabi yan nangkring di atas RTH itu merupakan bangunan liar alias tidak berizin.

Menurutnya, dulu memang nyewa ke BKAD tapi beberapa tahun lalu masa berlajunya sudah habis dan tidak diperpanjang karena tidak boleh. Sebab lahan tersebut akan dikembalikan fungsinya sebagai ruang tebuka hijau. “Itu gak ada izinnya, dan tidak mungkin RTH diizinkan untuk digunaka berjualan dan sejauh ini ke hami tidak ada laporan,” kata Erwin.

Ia mengaku, mengenai pencaplokan lahan RTH untuk bisnis itu telah mendapat laporan dari Pol PP, dan ia akan segera menginstruksikan anak buahnya untuk mencari tahu. “Ya, itu bagiannya di Bu Devi, nanti saya minta anak buah mengecek kelapangan dan secara dokumennya bagaimana, kalau salah saya akan koordinasi denga Pol PP untuk di terbitkan,” pungkasnya.

Fredy      

SHARE

Tinggalkan Komentar