Saudi Masukan Bahasa Cina ke Kurikulum

468
sumber gambar: https://www.arrahmah.com

Arab Saudi mencata sejarah baru di dunia pendidikan setelah memutuskan memasukan bahasa Mandarin dalam kurikulum pada smeua tahapan pendidikan di sekolah dan universitas di seluruh Saudi.

Keputusan kebijakan tersebut diambil selama kunjungan Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman (MBS) ke Cina.

Dilasir laman Alarabiya News kebijakan ini bertujuan guna memperkuat persahatan dan kerja sama antara Saudi dan Republik Rakyat Cina (RRC). Menurut Saudi Press Agency (SPA) kebijakan menerakan di semua lini jenjangn, pendidikan Saudi, juga untuk memerdalam kemitraan strategis pada semua tingkatan.

Masuknya bahasa Mandarin dalam kurikulum juga akan meningkatkan keragaman budaya siswa di Kerajaan. “Kebijakan ini berkontribusi pada pencapaian tujuan nasional masa depan di bidang pendidikan di bawah visi pendidikan 2030,” SPA melaporkan.

Hal ini dinilai sebagai langkah penting menutuju cakrawal akademik baru bagi siswa dari berbagai tingkatan pednidikan di Kerajaan. Belajar bahasa Mandarin Cina merupakan jembatan antra kedua orang beda budaya sehingga akan berkontribusi pada peningkatan hubungan perdagangan dan budaya, demikian SPA menulsikan.

Pada amis pekan lalu, Menteri Kebudayaan kerajaan Pangeran Badr bin Abdullah bin Farhan, mengumumkan sebuah penghargaan yakni “Penhargaan Pangeran Mohammed bin Salman untuk Kerjasama Budaya antara Kerajaan Arab Saudi dan RRC,” (Asep Sapudin Sayyev)

Sumber: Koran Jurnal Bogor, edisi 26 Februari 2019

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here