Sebar Aura Kedamaian Terlihat di Aksi Reuni 212

433
sumber gambar : https://mmc.tirto.id

Dari aspek kemanan, seja awal kepolisian tak pernah menyebutkan perkiraan massa yang hasir di Reuni 212. Hanya saja, kepolisian memperkirakan aksi itu tidak akan sebesar aksi 212 yang pertama, pada 2016 lalu. “Kecil saja itu (Reuni 212),” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo.

Namun, pada saat pelaksanaanya, diperkirakaan aksi massa yang hadir mencapai jutaan. Jumlah ini disebutkan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto, yang turut hadir di aksi tersebut menyampaikan orasinya. “Saya bangga melihat jutaan umat islam, jutaan rakyat Indonesia, jutaan tapi damai dan tertib Saya lihat keluarga – keluarga jalan dengan tertib, menggendong anaknya. Damai luar biasa, Saya bangga sebagai muslim di Indonesia,” ujar Prabowo.

Gelombang massa sudah membludak hingga ke Cikini, Menteng, Kwitang, bahkan beberapa titik di Kuningan dan Cempaka Putih. Pada Minggu pagi itu, meski rangkaian acara sudah dimulai sejak Subuh, massa tetap berdatangan. Dari arah Cikini munuju Tigi Tani, massa terus berdatangan menuju ke arah berdatangan menuju ke arah Monas. Gang-gang kecil pun penuh sesak dipenuhi massa reuni 212 yang hendak menuju Monas.

Di jalan-jalan tersebut, untuk sekedar berjalan pun sulit. Namun, massa tetap berjalan perlahan sembali melantunkan shalawat maupun takbis, dengan bendera tauhid di genggaman mereka.

Tidak tampak banyak aparat berseragam yang melakukan penjagaan ekstra di luar Monas. Sesekali tampak polisi lalu lintas turut mengarahkan massa untuk mencari jalan keluar untuk pulang, maupun massa yang baru datang ke lokasi.

Meskipun, dalam keterangan sebeumnya, TNI menyiapkan 2000 personal. Untuk aksi ini. Untuk membantu Polri. Sementara Polri telah menyiapkan 2.700 pasukan Brigade Mobile (Brimob) dan sejumlah kendaraan taktis di sekitar lokasi Reuni Akbar 212. Tampak kendaraan kendaraan tersebut disiagakan di silang Monas Jalan Medan Merdeka Barat.

Jumlah polisi berseragam yang tampak signifikan hanya di sekitar panggung utama di Monumen Nasional. Kapolda Metro Jaya Inspektur Jnederal Polisi Idham Azis juga tampak turut memnatau di pagi hari dari tenda pengamanan yang ditempatkan di dekat panggung utama, Monas. Bubarnya massa ditandai dengan berakhirnya orasi dari sejumlah tokoh yang hadir, di antaranya tokoh Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketuan Dewan Syuro PKS Hidayat Nur Wahid, serta sejumlah tokoh keagamaan lainnya. (Asep Saepudin Sayyev)

Sumber : Koean Jurnal Bogor, Edisi 4 Desember 2018

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here