Semarak Warga Dramaga Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

1373
Sumber gambar : https://www.beepdo.com

Pawai Dongdang Keliling Kampung

pawai Dondang tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang dihadiri Camat, Kapolsek Dramaga dan tokoh masyarakat. Panitia Maulid Nabi, Arof Akbar menyebutkan sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya, warga di RW 06, menggelar kegiatan Maulid Nabi di Masjid Al Azis. Terbukti, animo masyarakat akan peringatan Maulid Nabi sangat tinggi dengan banyak dondang yang di arak.

“Dongdang yang di arak keliling kampung dihias dulu,” ujar Arof

ia menambahkan, setelah diarak lalu dikumpulkan di Masjid Al-aziz. Dongsang yang berisi peralatan rumah tangga, uang, sayur, mayur hingga peralatan sholat dibagikan ke jamaah yang hadir. Tidak hanya warga sekitar, jemaah yang hadir di acara Maulid Nabi ada juga dari Banten, Pamijahan, dan luar Kecamatan Dramaga.

“Satu minggu sebelum Maulid Nabi, warga sudah menghias dongsang tersebut. Satu dongdang nominalnya ada yang mencapai Rp 5 sampai 10 juta,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Dramag Adi Hendiyana menuturkan, banyak hikmah yang bisa dipetik dari kegiatan Maulid Nabi, dari mulai meningkatkan silahturahmi dan meningkatkan kerkunan antar warga. Di tengah era modern, pawai dongdang yang merupakan tradisi yang masih tetap di pertahankan. “Kedepan kita akan agenda agar pawai dongdang bisa digelar se-Kecamatan Dramaga, bukan hanya Desa Dramaga saja,” tukasnya. (Cepi Kurnia)

Sumber : Koran Jurnal Bogor, Edisi 21 November 2018

SHARE

Tinggalkan Komentar