SmartHome? Sudahkan Anda Mengetahuinya?

1059
Ilustrasi Smarthome
Mengaplikasikan beragam teknologi canggih dalam system rumah modern merupakan penerapan dari konsep SmartHome. Bertujuan agar rumah dan perlengkapannya mudah digunakan dan meningkatkan kualitas hidup para penghuninya.
SmartHome atau Rumah Pintar memudahkan para penghuni rumah dalam mengatur segala hal yang berhubungan dengan kenyamanan dan diakses dengan interaktif dan bisa dikontrol melalui satu alat saja, yakni aplikasi pada smarthome atau perangkat lainnya.

Sebagai contoh, jika hendak mematikan lampu maka hanya tinggal memberi perintah tersebut melalui jam tangan pintar. Begitu pun jika ingin membersihkan rumah maka setelah menerima perintah, vacuum cleaner dan mesin cuci bisa langsung bekerja

Bahkan dengan konsep ini, pemilik rumah dapat memantau rumah dari jarak jauh melalui ponsel yang terhubung dengan kamera di dalam rumah.

“Smart Home dan Smart Things memberi konsumen kendali jarak jauh pada semua perangkat yang sudah terintegrasi. Selain itu, semua perangkat yang sudah saling terintegrasi itu mampu saling berkomunikasi , seperti mesin cuci yang berkomunikasi kepada TV atau ponsel untuk memberi informasi kepada konsumen,” kata Jo Semidang, Corporate Marketing Director Samsung Electronics Indonesia.

Di Indonesia sendiri, SmartHome masih dalam proses pengenalan dan pembiasaan ke masyarakat. Namun terkadang, SmartHome itu sendiri masih membingungkan untuk para pengguna teknologi yang terbagi antara berpengalaman dan tidak.
Konsep Smarthome
Smart Home sejatinya merupakan cerminan rumah berbasis teknologi di masa depan. Tampilan dalam Smart Home sangat berbeda dengan rumah konvensional, yang didukung oleh fitur-fitur canggih dan modern dengan hanya mengontrol kegiatan di dalam ruangan dengan hanya satu remote saja.
Konsep rumah pintar ini memang didominasi oleh aplikasi teknologi. Sehingga hunian tingkat apartement pun dapat dijangkau, pada konsep smarthome segala pengaturan produk elektronik mulai dari televisi, sound system dan lain-lain dapat dikendalikan dengan sebuah gadget. Anda cukup mengontrolnya sehingga tidak perlu khawatir dengan jumlah remote yang banyak.
Nah, itulah pembahasan seputar Smart Home yang mengedepankan sisi kemudahan dan kecanggihan teknologi bagi pemiliknya.
SHARE

Tinggalkan Komentar