Stres Berkepanjangan Bisa Timbulkan Kanker Rongga Mulut

341
sumber gambar: http://raw.cdn.baca.co.id

Stres yang terus menerus ternyata dapat memicu timbulnya sejumlah penyakit diantaranya kanker rongga mulut. Drg Sri Hananto seno ketua persatuan Dokter gigi indonesia menceritakan ada seorang pasiennya yang tidak memiliki gen kanker tidak memiliki gejala awal tapi terkena kanker rongga mulut.

Setelah mengalami tindakan seperti operasi pengangkatan kanker si pasien pun belum juga sembuh, ternya setelah diperdalam pasien memiliki permasalahan dengan keluarganya yang memicu sel kanker menjadi lebih aktif.

Stres bisa disebabkan kanker rongga mulut itu ada. Ada pasien yang karena permasalahan pribadi yang dipikirkan selama setahun bukan cuman stres yang sehari-hari karna putus citnta tapi stres yang lama; ungkap Drg. Seno saat ditemui dikawasan menteng.

Namun memang hanya beberapa orang yang menderita kanker rongga mulut akibat stres, Drg Seno menyebit yang paling banyak tetap dikarenakan merokok, gemar mengomsumsi alkohol dan studi terbaru karna sering mengomsumsi sirih.

persentase yang meroko di indonesia naik terus apalagi anak muda yang katanya sedang mencari jati diri padahal berbahaya kata Drg Seno. kemudian beberapa hal lainnya yang menyebapkan hal lainnya yang menyebapkan kanker rongga mulut adalah faktor keturunan banyak mengomsumsi makanan pengawet, dan makanan yang dibakar, hingga bahan penyedap.

Bisa jiga karena terkena virus lain yang dapat mengaktifkan sel kanker, radiasi sinar UV, polusi hingga zat pewarna. Sedangkan kanker rungga mulut bisa dideteksi dengan luka di mulut yang tidak kunjungsembuh, perubahan warna mulut benjolan yang tidak.

Lazim terutama dipinggir lidah  hingga gigi goyang yang tidak ada sebabnya kadang-kadang ditemukan gigi dan tulang pungkas Drg.Seno. (Tommy)

Sumber: Koran Jurnal Bogor, edisi 15 Januari 2019

SHARE

Tinggalkan Komentar