Stres Bisa Timbulkan Diabetes

392
sumber gambar: https://thumbs-prod.si-cdn.com/

Diabetes melitus tidak hanya disebabkan oleh lingkungan hidup yang tidak sehat. Selain faktur tersebut, stres juga dapat memicu seseorang terkena diabetes. “Kami minta masyarakat menghindari stres karena bisa memicu munculnya penyakit diabetes itu,” kata Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak, dr Firman Rahmatullah, Rabu (19/12).

Sres bisa menimbulkan diabetes karena adanya produksi hormon serotonim berkurang. Akibatnya, kata Firman, kemampuan untuk meningkakan produksi insuin juga menjadi berkurang. “Hormon insulin pun akhinrya menjadi minim,” katanya.

Selain itu, faktor lingkungan juga turut berpengaruh seperti hidup tidak sehat, merokok, minuman keras, dan mengonsumsi makanan cepat saji. Faktor lainnya yakni konsumsi gula berlebih, karbohidrat tinggi dan makan tidak teratur. Kurang bergerak atau olahraga serta sering bergadang juga menjadi saah satu pemicunya.

Karena itu, pihaknya meminta masyarakat agar menghindari stres dengan cara rutin berolahraga, melaksanakan ibadah, mendengar musik kesukaan maupun kegiatan positif lainnya. “Jika seseorang menghindari stres dan membudayakn hidup sehat, dipastikan tidak terjadi muncul penyakit diabetes,” ujarnya.

Jika terindentifikasi positif diabetes dan belum mengalami komplikasi, maka seseorang harus segera mengendalikan gula darahnya memalui budaya hidup sehat dan tidak stres. Sebab penderita diabetes membutuhkan terapi seumur hidup dan biaya cukup besar jika mengalami komplikasi dengan organ tubuh lain, seperti ginjal, jantung, mata, hipertensi dna stroke.

“Kami minta masyarakat yang menderita diabetes agar meminum obat dengan teratur agar tidak mengalami komplikasi,” katanya. Penyakit diabtes yang diderita seseorang, bisa berdampak terhadap rendah produktivitas juga kemarin. (Asep Saepudin Sayyev)

Sumber: Koran Jurnal Bogor, edisi 20 Dsember 2018

SHARE

Tinggalkan Komentar