Sukses Tanggulangi Sampah, Kementerian LHK Apresiasi Pemkot

166
sumber gambar : https://kotabogor.go.id

WALIKOTA Bogor Bima Arya menerima penghargaan terkait kinerja pengurangan sampah dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya di Jakarta, Senin (14/1).

Penghargaan tersebut berkat konsistensi Dinas Lingkungan Hidup(DLH) Kota Bogor dalam menangani sampah.

Kepala DLH kota Bogor Elia Buntang mengatakan, program pengurangan sampah sudah menjadi program intinya, hal itu dimaksudkan agar sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) berkurang. Karena itu ada program pemilihan sampah dengan TPS3R di setiap wilayah kota Bogor.

“Dengan menerima penghargaan tersebut, pihaknya lebih terpacu membuat program-program lain untuk mengurangi sampah di kota Bogor. Tetapi yang terpenting adalah mengubah pemikiran masyarakat  memproduksi sampah. Salah satunya dengan larangan penyediaan kantong plastik yang tengah berjalan saat ini,” jelasnya.

Terpisah, walikota Bogor Bima Arya mengatakan bahwa penghargaan yang diraih oleh pemkot Bogor ini merupakan kategori baru dalam Adipura atas konsentrasi dan aksi kabupaten/kota dalam mengurangi sampah plastik ke TPA.

Kata dia, inovasi yang dimaksud adalah kota Bogor sudah menerapkan perwali No 61/2018 tentang pengurangan-pengurangan kantong plastik di toko modern dan pusat perbelanjaan. Ia menegaskan, bahwa volume sampah dikota Bogor mencapai 650 ton per hari, 5 persennya atau 32,5 ton merupakan plastik.

“Dari jumlah tersebut, sampah plastik yang bersumber dari pusat perbelanjaan modern yang ada di kota Bogor sebanyak 1,7 ton. Semoga ikhtiar ini bisa menjadi tren positif ke depannya,” ungkapnya.

Selain menerbitkan perwali, sambung dia , pemkot Bogor juga terus menambah jumlah TPS 3R dan Bank sampah. Tercatat, jumlah bang sampah di kota Bogor naik menjadi 223 unit (2017) dari sebelumnya 72 unit (2016). Sementara TPS 3R saat ini ada 26 unit.

“Pengelolaan sampah berbasis 3R mampu mereduksi sampah 4,1persen atau sudah sesuai dengan pengelolaan sampah 3R berbasis masyarakat. Mudah-mudahanini langkah yang terus maju untuk menuju adipura tahun depan ,” ucapnya. (Fredy Kristianto)

Sumber: Koran Jurnal Bogor, edisi 16 Januari 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here