Tak Ada Jaminan Keamanan, Kemenhan Larang Penggunaan Aplikasi Zoom

86
sumber gambar: https://elearning.unib.ac.id/

Dilansir dari Idntimes, Kementerian Pertahanan menerbitkan surat edaran berisi larangan untuk menggunakan aplikasi Zoom dalam video konferensi. Surat bernomor SE/57/IV/2020 itu ditandatangani Sekjen Kemhan, Laksamana Madya TNI Agus Setiadji pada 21 April 2020.

“Disampaikan kepada kasatker/kasubsatker di lingkungan Kemhan agar pelaksanaan video konferensi pada masing-masing jajaran tidak menggunakan aplikasi Zoom,” demikian isi surat edaran tersebut.

#1. Tidak adanya jaminan keamanan data dari penyedia aplikasi Zoom

sumber gambar: https://elearning.unib.ac.id/

Agus Setiadji membenarkan isi surat edaran tersebut. Dalam surat edaran, Kemhan menyebut beberapa pertimbangan yang membuat larangan menggunakan aplikasi Zoom.

Pertama, tidak adanya jaminan keamanan data dari penyedia aplikasi Zoom lantaran aplikasi bersifat terbuka.

Kedua, terdapat duplikasi traffic yang dilaporkan pihak penyedia aplikasi Zoom ke server yang berada di negara lain. Hal itu mengakibatkan data pembicaraan berpotensi dimonitor oleh pihak yang tidak berkepentingan.

#2. Vendor Zoom belum dapat antisipasi kebocoran data

sumber gambar: https://wartakepri.co.id/

Hasil analisa dan riset dalam beberapa kasus penggunaan aplikasi Zoom telah dilaporkan kebocoran data dan telah diakui oleh pihak vendor Zoom bahwa hal tersebut belum dapat diantisipasi secara tepat.

Untuk itu, setiap pegawai Kemhan yang ingin menggunakan video konferensi agar berkoordinasi dengan Pusdatin Kemhan.

#3. Kepala Pusdatin Kemenhan diminta untuk menyiapkan dukungan konferensi video yang aman

sumber gambar: dafunda.com

Disamping itu, untuk memenuhi keinginan mu, pasti sebel dong kalau internetnya lambat pas lagi video call dan meeting seru bareng-bareng teman atau rekan kerja? Coba deh, pasang internet di rumah.

PT Bonet Utama Bogor, punya solusinya. Kamu harus semangat walau #dirumahaja bareng internetnya orang bogor. Paket internet bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, bandwidhtnya Up to 8 mbps.

So, langsung aja kontak ke Telp. (0251) 8337555 -Email: info@bonet.co.id, marketing@bonet.co.id, www.bonet.co.id.

SHARE

Tinggalkan Komentar