Telinga Sering Mendengung? Ini Dia Penyebabnya

356
sumber gambar : https://cdn.hellosehat.com

Telinga berdengung atau secara medis disebut dengan tinnitus bisa terjadi pada usia berapa saja, namun lebih sering terjadi pada lanjut usia (lansia). Kondisi yang mungkin terjadi yaitu telinga berdengung sebelah atau berdengung pada kedua telinga. 

Telinga berdengung sebelah bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain karena infeksi pada telinga, gangguan gendang telinga, kotoran telinga, penumpukan cairan di dalam telinga, kelainan telinga karena 
penyakit Meniere, atau karena ada pertumbuhan tulang abnormal di bagian dalam telinga (otosklerosis).

Telinga berdengung sebelah juga bisa terjadi karena pengaruh penggunaan obat-obatan tertentu, misalnya menggunakan obat aspirin dalam dosis yang tinggi, obat antimalaria, obat antibiotik jenis tertentu, atau obat-obatan untuk mengobati kanker seperti kemoterapi.

Selain itu, telinga berdengung juga bisa disebabkan oleh:

  • Kejang otot di sekitar telinga.
  • Cedera di kepala dan leher.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Kolesterol tinggi.

Karena terdapat berbagai penyebab dari telinga berdengung, maka penanganannya dapat berbeda-beda pula, tergantung apa yang menjadi penyebabnya.

Mengobati Telinga Berdengung Sebelah

Untuk memastikan pengobatan yang sesuai dengan penyebabnya, dokter akan melakukan langkah-langkah diagnostik yang umumnya terdiri dari wawancara riwayat keluhan, pemeriksaan fisik, tes pendengaran dengan audiometri, atau dengan CT scan maupun MRI jika dicurigai struktur telinga Anda mengalami kerusakan.

Source: https://www.alodokter.com/

SHARE

Tinggalkan Komentar