Thermal Scanner Untuk Mendeteksi Virus Corona

185
sumber gambar: https://dafunda.com/

Cegah corona dengan kamera Thermal lebih disarankan, kenapa? Karena menurut Kementerian Kesehatan. Kamera Thermal dapat mendeteksi wabah virus Corona guna dalam pengecekan suhu tubuh manusia.

Penggunaan kamera Termal di ruang publik atau tempat yang memiliki arus keluar masuk lebih dari 200 pengunjung, cukup efektif untuk mendeteksi secara dini penyebaran Virus Corona. Menurut ketua Umum Asosiasi Teknologi dan Industri Sekuriti Indonesia (ATISI) Sanny Suharli.

Jika dibandingkan dengan termometer tembak, kamera Thermal sangat direkomendasikan untuk penggunaan di area publik. Karena memiliki akurasi lebih baik, memiliki kontak lebih sedikit, dan minim human error.

Ini dia tips-tips dari Professtama, salah satu penyedia teknologi keamanan di Indonesia, yang bisa kamu ikuti.

#1. Pilih kamera thermal dengan tingkat akurasi di bawah 0,5°C

Ada banyak jenis kamera thermal. Yang paling penting adalah menggunakan kamera thermal khusus untuk manusia, bukan kamera thermal untuk industri.

Hal ini sangat penting, karena kamera thermal untuk manusia memiliki tingkat akurasi suhu sebesar 0,5°C, dengan rentang temperatur 20-50°C.

Sementara kamera thermal untuk industri, tingkat akurasi suhu sebesar 3°C, dengan rentang temperatur hingga lebih dari 300°C. Jika digunakan untuk manusia, kesalahan pengukuran suhu 3°C dari 36,5°C menjadi 39,5°C, jelas sangat tidak valid.

#2. Tempatkan kamera thermal dalam jarak efektif

Setiap kamera thermal memiliki sensor pengukur suhu. Semakin besar sensor, maka kamera thermal dapat mengukur suhu dari jarak yang semakin jauh.

Pastikan pemakaian kamera thermal dalam jarak efektif. Saat ini sudah ada kamera thermal yang bisa mendeteksi suhu secara akurat dalam jarak 1-2 meter persegi, seperti kamera thermal tipe W95 dari Jisung Protech.

Bila perlu yang lebih canggih maka ada kamera thermal Jisung Protech tipe D60 yang bisa mendeteksi dari jarak 3-10 meter persegi.

Jadi, pilihlah merek kamera thermal yang dapat terkoneksi dengan monitor dan CCTV, sehingga pengukuran suhu tubuh dapat terdeteksi dengan alarm yang hanya bisa didengar oleh para petugas.

Tinggalkan Komentar