Tips Rahasia Kentang Goreng Renyah

972
sumber gambar: https://3.bp.blogspot.com

Kentang goreng seperti apa yang menjadi favorit anda? Pasti kentang goreng yang renyah gurih pada bagian luarnya dan lembut di dalam. Warnya juga masih kuning sedikit keemasan, tapi sudah matang dengan tekstur yang juga sempurna.

Ternyata nggak sulit lho untuk membuat kentang goreng yang renyah dan lembut. Bisa jadi sajian sedap buat cemilan di rumah. Ikuti tips berikut ini, ya.

#1. Cuci potongan kentang sampai air bening

Bersihkan bagian kulit kentang sampai bersih, dan potong sesuai selera. Bisa potong kentang dengan potongan standar french frieswedges, atau crinkle-cut fries yang terlihat seperti french fries tapi tepiannya keriting.

Setelah kentang dipotong, bersihkan dalam wadah di bawah air mengalir. Bersihkan kentang sampai airnya bening.

#2. Simpan 30 menit di kulkas

Setelah kentang dicuci bersih, pindahkan kentang dalam wadah yang sudah diberi air dingin atau air dan es batu. Tambahkan juga perasan lemon.

Air lemon dan penyimpanan kentang bertujuan untuk menghambat oksidasi pada kentang, juga membuat tekstur luar kentang krispi setelah digoreng. Proses ini juga akan membuat bagian dalam kentang matang menyeluruh sebelum luarnya menjadi kecoklatan. Tekstur dan tampilan lentang benar-benar akan sempurna!

#3. Goreng dua kali

Tips terakhir yaitu dengan menggoreng kentang 2 kali. Menggoreng kentang dua kali mungkin terdengar merepotkan, tapi itulah yang perlu dilakukan untuk menghasilkan tekstur kentang goreng yang sempurna.

Gorengan pertama dilakukan dengan api kecil untuk memastikan bagian dalam matang merata. Tiriskan untuk menurunkan minyak. Proses kedua dilakukan dengan api besar untuk menciptakan tektur renyah di bagian luar, dan warna keemasan.

Kalau menggoreng hanya satu kali dengan api kecil yang kemudian dibesarkan panas apinya, makan kentang bisa menjadi renyah tetapi kurang matang di tengah, atau hanya berminyak dan lemas. Agar seluruh permukaan kentang matang sempurna plus warnanya coklat keemasan.

Selamat mencoba, Bogornetizen!

Sumber: https://resepkoki.id/tips-rahasia-kentang-goreng-renyah/ 

(Atsa)

SHARE

Tinggalkan Komentar