Tokopedia ‘Kebobolan’ lewat Modus si Komplotan Pulsa Fiktif

2780
Tokopedia kebobolan oknum pulsa fiktif.

Urgen nih gaes, ternyata Marketplace sekelas Tokopedia masih bisa dibobol loh oleh orang-rang yang tidak bertanggung jawab. Ada sekomplotan orang yang melakukan transfer pulsa fiktif yang diciduk aparat kepolisian. Dengan santainya mereka menggeruk keuntungan sampe Rp. 560 juta dari system cash Tokopedia, kebayang itu uang seberapa banyak. Gak tanggung-tanggung mereka langsung dibawa ke persidangan dan didakwa pasal yang berlapis, bakalan lama di jeruji besi nih.

Pelakunya ada empat orang yaitu Aris Prasetyo, Ardhi Setianto, Jumar, dan Doni Darmawan H. Mereka dibawa ke persidangan PN Surabaya. Terciduknya mereka di Apartemen Gunawangsa Jl. Menur Pumpungan yang kejadiannya tanggal 15-17 Januari 2018.

Cerdiknya si pelaku ini mereka melakukan aktivasi kartu-kartu perdana Telkomsel dengan modem yang dihubungkan lewat laptop, nah kartu perdana itu dimasukan ke dalam port yang ada didalam modem. Setelah itu mereka bikin akun email buat daftar akun di Tokopedia dengan mendaftarkan nomor ponsel dan email.

Cara mereka menipu itu bikin geleng-geleng kepala, pasalnya mereka beli pulsa telkomsel Rp. 1000.000 lewat pembayaran BCA klikplay. Abis itu mereka masukin nomor ponsel yang gak valid sebagai nomor tujuan, tujuannya buat apa? Biar transaksinya gagal dan otomatis uang pembayaran BCA Klikplay yang Rp. 1000.000 itu otomatis refund/atau dikembalikan dan langsung tersimpan di Tokocash milik Aris Prasetyo.

Liciknya nih, mereka pake empat ponsel yang dimana akunnya udah ada di aplikasi Tokopedia. Yang bikin keselnya, mereka ngelakuin transaksi itu secara bersamaan. Dengan saldo Tokocash Rp 1000.000, Otomatis mereka bakalan dapet pulsa secara random yang rata-rata jumlahnya sekitar 3-4 juta.

Asal muasal mereka terciduk itu karena Tokopedia sendiri yang melaporkan kalau ada komplotan ini ke Bareskrim Polri, dari situ dilakukan penyelidikan. Gak nunggu lama mereka langsung ditangkap.

Theodorus Warlando, dia kuasa hokum dari Tokopedia yang bilang kalau Tokopedia dirugikan sebesar Rp 560 Juta dari perbuatan jahat mereka.

SHARE

Tinggalkan Komentar