UMKM Yogyakarta, Yuukk Jualan Online

250

Bertempat di Ruang Nusa Indah Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta, Sub Direktorat Pengembangan Ekonomi Digital Pariwisata, Transportasi dan Perdagangan Kementrian Komunikasi dan Informasi membuka acara Training of Trainer dan Workshop yang mengangkat tema “UMKM Yogya Jualan online”.

Dalam acara ToT pada tanggal 31 Juni 2019 tersebut, para relawan Pandu Digital dilatih oleh Team dari marketplace Shopee dan Titipku tentang bagaimana cara mengajak dan membantu para pelaku usaha UKM dan pedagang pasar di Yogyakarta untuk berjualan online.


Kegiatan TOT kemudian dilanjutkan dengan acara workshop pada tanggal 1 Juli 2019, para relawan pandu digital yang sudah dilatih sehari sebelumnya kemudian memberikan pelatihan dan pendampingan kepada ratusan pelaku UKM dan yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta bapak Drs. Yunianto Dwisutono, Para Lurah Pasar se-Kota Yogyakarta dan Ketua Paguyuban Pelaku UMKM Kota Yogyakarta Bapak Budi.

Acara dibuka oleh Kasubdit Pengembangan Ekonomi Digital Pariwisata, Transportasi & Perdagangan Kementrian Komunikasi dan Informasi Bapak Sumarno, S.Sn., MM.


Selain mendapatkan bimbingan untuk mendaftarkan diri atau lebih dikenal dengan istilah “onboard di marketplace”, tak ketinggalan juga para pelaku UKM dibimbing bagaimana cara membuat deskripsi produk dengan baik dan tepat, membuat hashtag yang spesifik sehingga memudahkan pembeli untuk mencari produk, hingga bagaimana agar foto produk di marketplace terlihat sangat menarik.


Menurut Bapak Sumarno, S.Sn., MM tujuan diadakannya kegiatan ini adalah agar dapat membantu pelaku usaha kecil berjualan online, mengembangkan bisnis dengan cara membuka toko online yang dapat beroperasi 24 jam dan dapat menerima order tanpa batas waktu serta wilayah.

Diharapkan juga para pelaku usaha ini dapat dapat menyesuaikan dan mengikuti perkembangan zaman, bersaing dan meningkatkan profit dengan cara menggunakan teknologi smartphone dengan lancar dan tepat guna.

Acara kemudian ditutup dengan makan siang bersama dan dilanjutkan dengan ramah tamah diantara Pejabat dari Kementerian Kominfo, Pandu Digital, Jajaran Diseprindag Kota Yogyakarta dan para pelaku UKM serta perwakilan dari Marketplace Shopee yang diwakili oleh Mas Riva dan dari Marketplace Titipku yang merupakan marketplace yang lahir dan diprakarsai oleh anak muda Yogyakarta, Mas Henri.


Para Pandu Digital yang bertugas di Yogyakarta ini kemudian terjun langsung di pasar-pasar di Yogyakarta dengan jadwal sebagai berikut :

  1. Pasar Beringharjo, 4 – 10 Juli 2019
  2. Pasar Klithikan Pakuncen, 11 – 12 Juli 2019
  3. Pasar Demangan, 12 Juli 2019
  4. Pasar Lempuyangan, 13 & 15 Juli 2019
  5. Pasar Kranggan, 15 – 17 Juli 2019
    Semoga tujuan kegiatan ini dapat tercapai, yaitu meningkatkan gerak perekonomian digital dan memberikan kesempatan kepada para pelaku UKM dan Pedagang di pasar untuk segera dapat memanfaatkan teknologi dengan tepat guna agar tercapai peningkatan omzet dan produktiftas.
    -enha-\
SHARE

Tinggalkan Komentar