Upaya Pemkot Permudah Masyarakat Luncurkan Sistem Aplikasi Hibah

184
sumber gambar: https://mmc.tirto.id

Pemerintah kota (Pemkot) Bogor melalui Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kemas) setda kota Bogor meluncurkan aplikasi Sistem Administrasi Hibah Bansos Terpadu (Sahabat), Senin (25/2). Kepala Sub Bagian administrasi Kesejahteraan Rakyat, Basse Anugerah Jusran mengatakan bahwa aplikasi Sahabat dapat langsung diunduh di playstore.

Layanan ini disebut untuk mempermudah masyarakat mengetahui apakah pengejuan mereka diterima atau ditolak. “Selain itu untuk memberitahukan juga terkait kekurangan persyaratan. Kami ingin memberikan kepastian bagi masyarakat,” katanya perada wartawan.

Menurut Bosse, selama ini masyarakat sering kesulitan untuk mengetahui sampai dimana proses pengajuan bantuan sosial mereka. “Jadi dengan aplikasi Sahabat ini bisa mudah diketahui. Bagi warga yang tidak memiliki HP android dapat meminta bantuan kepada RT, RW, ataupun aparatur wilayah,” tuturnta.

Lebih lanjut, kata Bosse, saat ini server aplikasi Sahabat masih menyatu dengan server milik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). “Padahal nantinya server itu akan menampung sekitar 23 ribu dokumen. Karena itu, seharusnya kami punya server sendiri,” ucapnya.

Kata dia, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Diskominfo agar melakukan pengadaan terhadap server Sahabat. “Harus ada server khusus karena ini berkaitan dengan masyarakat,” ucapnya. (Fredy Kristianto)

Sumber: Koran Jurnal Bogor, edisi 27 Februari 2019

LAPORAN :FREDY KRISTIANTO

SHARE

Tinggalkan Komentar