Wow, Ada Museum Kesehatan Lengkap

364
sumber gambar : https://diariosdegestao.files.wordpress.com

MENTERI Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani meresmikan Indonesia Museum of Health  and Medicine Fakultas Kesehatan UI.

Museum IMERI FKUI menjadi ikon baru bagi penddikan kedokteran di Indonesia pertama di Indonesia yang diharapkan dapat berfungsi maksimal sebagai museum rujukan nasional, tempat pembelajaran dan pendidikan di bidang kesehatan dan ilmu kedokteran.

Dekan FKUI Ratna Sitompul memaparkan museum memaparkan lebih dari 5000 koleksi, baik berupa spesimen kedokeran maupun benda-benda peninggalan (artefak) berupa alat bantu penidikan kedokteran, video media directory. 

“Salah satu keunggulan dari Museum IMERI FKUI ini adalah hadornya 3D human visualization tavle. Yakni sebuah media pembelajaran terkini satu-satunya di Asia Tenggara. 

Ia memparkan dengan kecanggihan teknologi yang dimiliki tersebut maka para mahasiswa menikmati proses belajar mengajar yang lebih ringkas dan mudah melalui gambar antonim tubuh manusia dalam bentuk 3 dimensi. 

“Di museum ini juga menyediakan fasilitas penunjang pendidikan bagi komunitas kesehatan dan kedokteran berupa koleksi spesimen kesehatan sejak rea Hindia-Belanda hingga era moderen,” ucapnya.

Museum yang memiliki enam era yaiu Medical Education Journey in Indonesia (Informasi kronologis pendidika kedokeran di indonesia, mulai dari era penjajahan Belanda dan Jepang, hingga masa pasca kemerdekaan). Kemudian Heart Education (informasi siklus kehidupan manusia mulai dari pembuaha hingga lanjut usia).

“Selain itu terdapat medical collection (Informasi spesimen dan peralata masa lampau serta meja anatomi terkini), lobby (infomasi tentang proses penuruna sifat yang diperankan oleh DNA), Edutaiment (Area edukasi dan informasi sederhana mengenai pemahaman tubuh manusia dan cara menjaga kebersihan diri) dan Etalase (Area Benda-benda peninggalan alat bantu operasi penddikan da kedoktera, seperti alat alat laboratorium, alat bantu opeasi, dan alat bantu pendidikan),” jelasnya.

Dirinya memaparka pembangunan museum merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat dari FKUI, di bidang pendidkan kesehatan dan ilmu kedokteran.

“Museum terbuka untuk umum dengan jam operasional Selasa hingga Jumat mulai pukul 09.00-17.00 WIB dan Sabtu (Pukul 09.00-14.00 WIB_ sedangkan Minggu, Senin dan hari libur nasional tutup,” tutupnya. 

Beji|Jurnal Depok 

Nur Komalasari

 

SHARE

Tinggalkan Komentar